BUAH BERFORMALIN : Balai Karantina Sebut Telah Bekerja Sesuai Prosedur

03 Juni 2013 12:34 WIB Jogja Share :

[caption id="attachment_412381" align="alignleft" width="370"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/03/buah-berformalin-balai-karantina-sebut-telah-bekerja-sesuai-prosedur-412379/buah-impor-ilustrasi-bisnis-indonesia-7" rel="attachment wp-att-412381">http://images.harianjogja.com/2013/06/BUAH-IMPOR-ilustrasi-Bisnis-Indonesia-370x246.jpg" alt="" width="370" height="246" /> Foto Ilustrasi Pedagang Buah Impor
JIBI/Bisnis Indonesia[/caption]

JOGJA–Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sultan Hamengku Buwono X menyebut buah impor yang masuk ke wilayahnya seharusnya bisa dicegah oleh Balai Karantina. Sedangkan Balai Karantina menyebut telah bekerja sesuai prosedur.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Jogja Heru Wahyupraja mengatakan sudah langsung berkoordinasi dengan seluruh Balai Karantina yang memilki pintu masuk buah impor di Jawa, yakni Surbaya, Semarang, dan Jakarta.

“Semua dapat menjamin. Formalin menjadi paramater pemeriksaan. Harus nol formalin,” katanya, Minggu (2/6).

Heru mengatakan selama ini pihaknya juga memantau buah segar di DIY. Namun lantaran tidak memiliki kewenangan untuk mengawasi di pasaran, ia mengaku telah menyerahkan hasilnya ke Dinas Pertanian.

Ia merahasiakan hasilnya. Tapi ia tak membantah jika pemantauannya itu tak lepas dari kondisi buah segar di DIY yang baru marak diberitakan mengandung formalin.

“Yang jelas kami siap membantu, karena itu kewenangannya berada di daerah,” katanya.

Menurutnya tidak mudah untuk merunut pencemar formalin, karena dengan sampel yang telah diambil, petugas dapat melakukan penyelidikan.”Dan itu kewenangan berada di daerah,” tuturnya.