Advertisement

Pengusaha Tahu Tempe Jogja Sepakat Mogok Tiga Hari

Redaksi Solopos
Minggu, 08 September 2013 - 16:13 WIB
Nina Atmasari
Pengusaha Tahu Tempe Jogja Sepakat Mogok Tiga Hari

Advertisement

[caption id="attachment_445419" align="alignleft" width="450"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/09/08/pengusaha-tahu-tempe-jogja-sepakat-mogok-tiga-hari-445415/tahu-ujang-hasanudin-2" rel="attachment wp-att-445419">http://images.harianjogja.com/2013/09/tahu-ujang-hasanudin.jpg" alt="" width="450" height="338" /> Ilustrasi perajin tahu. (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA- Primer Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Jogja akan mengikuti kesepakatan mogok nasional yaitu tidak akan memproduksi tempe dan tahu selama tiga hari berturut-turut, Senin (9/9/2013) hingga Rabu (11/9/2013).

Advertisement

"Sudah ada kesepakatan di seluruh Indonesia bahwa kami tidak akan memproduksi tempe dan tahu selama 9-11 September sebagai bentuk tuntutan agar pemerintah lebih memperhatikan perajin yang semakin tertekan dengan harga kedelai yang terus merangkak naik," kata Ketua Primer Koperasi Produsen Tempe dan Tahu (Primkopti) Jogja Muryanto, Minggu (8/9/2013)

Menurut dia, perajin sudah menyebarkan edaran berisi pemberitahuan mengenai rencana mogok produksi secara nasional itu ke pedagang di pasar dan konsumen lainnya.

Meskipun demikian, lanjut dia, masih ada beberapa perajin yang akan memproduksi tempe dan tahu selama aksi mogok nasional tersebut untuk memenuhi pesanan dari konsumen yang datang beberapa hari sebelumnya.

Sekitar 800 perajin tempe dan tahu yang tergabung dalam Primkopti Yogyakarta mengeluhkan tingginya harga kedelai yang kini mencapai sekitar Rp9.500 per kilogram (kg) hingga Rp10.000 per kg.

Ia berharap melalui aksi mogok nasional tersebut, pemerintah melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) bisa ikut mengontrol harga kedelai impor. Sebagian perajin tempe dan tahu memilih menggunakan kedelai impor untuk produksi.

"Dengan dikelola Bulog, maka tidak akan ada permainan harga dari importir lagi. Petani kedelai lokal juga bisa menjual kedelainya ke Bulog," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement