Jalan Ambles di Ngawu Mulai Diperbaiki

13 Februari 2014 12:39 WIB Kusnul Isti Qomah Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jalan Gading-Playen yang ambles sepanjang 18 meter mulai diperbaiki, Rabu (12/2/2014). Pengawas Pembangunan dari Dinas Pekerjaan Umum DIY Suyadi menuturkan begitu mendapatkan laporan jalan yang termasuk jalan provinsi itu amblas, DPU langsung bertindak.

Jalan Gading-Playen ambles pada Minggu (9/2/2014) lalu setelah hujan mengguyu dengan deras. “Kami menjadwalkan perbaikan sekitar dua pekan. Semoga sebelum itu bisa selesai tergantung kendala yang dihadapi di lapangan. Kami menganggarkan dana sekitar Rp50 juta,” paparnya kepada Harian Jogja di Desa Ngawu, Playen, Rabu (12/2/2014).

Perbaikan yang dilakukan sepanjang 18 meter dan lebar 3,5 meter dengan memasang beronjong, membongkar aspal serta pengaspalan ulang. Adapun, beronjong yang akan digunakan berkapasitas sekitar 70 kubik batu. Batu yang digunakan merupakan batu putih sekitar 70 kubik.

Agenda perbaikan kemarin yakni membongkar aspal dan membuat lokasi untuk menempatkan bronjong sedangkan Kamis (13/2/2014) ini dilanjutkan dengan pemasangan beronjong serta pemadatan.

“Selama perbaikan terpaksa hanya satu lajur jalan yang digunakan,” papar Suyadi.

Camat Playen Miksan mengaku usia talud di pinggir jalan tersebut memang sudah tua. “Tipe tanahnya juga tidak stabil, mudah retak dan mudah bergeser,” paparnya.