Monumen Tentara Pelajar akan Dipindah

20 Februari 2014 11:49 WIB Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mewacanakan pemindahan Monumen Tentara Pelajar (TP) yang saat ini berada di sebelah selatan Alun-alun Wates.

Rencana tersebut mengemuka untuk memantapkan proyeksi Kulonprogo menyabet gelar adipura pada 2015 mendatang.

Hasto menilai keberadaan Monumen Tentara Pelajar saat ini kurang bisa mendukung unsur keindahan taman alun-alun. Hal itu terjadi karena posisinya kurang dapat terlihat oleh publik. Di sisi lain rimbunnya pepohonan di sekitar monumen menjadikan keberadaannya asing bagi khalayak.

"Jadi konsep penataannya harus dipindah seiring dengan pengembangan taman di komplek kantor Sekretariat Daerah," ujar Hasto, baru-baru ini.

Bupati belum bisa memberikan gambaran persis untuk penataan di tempat baru nantinya. Hanya saja, melihat struktur pengembangan taman, besar kemungkinan monumen itu akan digeser ke sisi selatan Jalan Perwakilan. Artinya monumen akan menyatu dengan taman yang baru.

Realisasinya, lanjut dia, adalah pada 2014 ini sehingga pada 2015 sudah bisa memberi kontribusi positif untuk penilaian adipura.

Kendati begitu, Hasto belum mengetahui benar kapasitas monumen itu termasuk benda cagar budaya atau tidak. Jika termasuk benda cagar budaya, tentu tidak akan dipindah. Pihaknya hanya akan melakukan upaya mempercantik kawasan sekitar taman sehingga keberadaannya dapat terlihat jelas.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana menyatakan Monumen TP tidak termasuk bangunan cagar budaya sehingga bisa dipindah keberadaannya.

"Monumen itu umurnya belum ada 50 tahun, jadi tidak termasuk bangunan cagar budaya. Dibangun baru pada 1990-an ketika saya awal jadi pegawai di sini," terang Eko saat dikonfirmasi terpisah.