Advertisement

Harga Cabai di Jogja Turun, Pedagang Was-Was

Sabtu, 12 April 2014 - 14:15 WIB
Nina Atmasari
Harga Cabai di Jogja Turun, Pedagang Was-Was Ilustrasi pedagang cabai (JIBI/Harian Jogja - Dok)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Harga cabai rawit merah turun drastis. Setelah sempat bertengger di kisaran Rp70.000 kini harganya anjlok hingga Rp43.000 sampai Rp45.000 per kilogram (kg). Kondisi ini menyebabkan pedagang pasar tradisional di Kota Jogja was-was.

Sumarni, pedagang di Pasar Beringharjo, Jogja mengatakan sangat direpotkan dengan fluktuasi harga. Dia mengatakan, seharusnya harga bisa lebih stabil dan tidak naik turun setiap hari secara drastis.

Advertisement

“Dalam satu hari itu cabai naik dan turun sangat drastis. Kami penjual cabai jadi berpikir dan tidak berani ambil resiko kerusakan. Sebab saat harga turun terpaksa kami harus merugi seperti saat ini kami tidak ada untung sama sekali,” jelas Sumarni, Jumat (11/4/2014).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) DIY, Eko Witoyo memebenarkan penurunan drastis harga cabai rawit merah ini. Namun penurunan ini sebenarnya terjadi secara berkala sejak Senin (7/4/2014) lalu.

“Pada Senin [7/4] lalu, cabai rawit merah sudah turun Rp4.000 per kg, kemudian Selasa [8/4] turun lagi Rp8.000. Makanya komoditas ini saat ini harganya tinggal Rp45.000 per kg,” kata Eko kepada Harian Jogja kemarin.

Eko menambahkan penurunan harga cabai rawit merah ini diikuti penurunan harga cabai merah keriting dan cabai merah besar yang masing-masing turun Rp3.000 per kg. Saat ini, harga cabai merah keriting dijual seharga Rp10.000 per kg, sementara cabai merah besar seharga Rp11.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement