Advertisement

Ikut UAN, Penyandang Disabilitas Berhak Didampingi Guru

Sabtu, 12 April 2014 - 18:16 WIB
Nina Atmasari
Ikut UAN, Penyandang Disabilitas Berhak Didampingi Guru 040314_SOLO_LATIHAN UN2JIBI/Solopos/Septian Ade MahendraMurid sekolah menengah pertama (SMP) penyandang tunanetra mendengarkan soal yang dibacakan oleh petugas saat mengikuti latihan Ujian Nasional (UN) di Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra (SLB/A-YKAB), Jagalan, Solo, Selasa (4 - 3). UN tingkat SMP sederajat secara serentak akan digelar 5/8 Mei 2014.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ujian Akhir Nasional (UAN) untuk siswa penyandang tunawicara, tunanetra maupun tunadaksa setingkat SMA di DIY, ujian juga dilaksanakan 14-16 April 2014.

Siswa difabel ini tersebar di sekolah luar biasa (SLB) dan inklusi. Sama seperti di sekolah umum, soal UAN bagi siswa difabel juga telah siap disebar.

Advertisement

Namun, bagi sekolah luar biasa kategori C (tuna grahita), siswa akan mengikuti Ujian Sekolah (US) di sekolah masing-masing dengan jadwal yang disamakan dengan UAN SD pada 19-22 Mei 2014. Sedangkan ujian praktik digelar 5-8 Mei 2014. Dalam ujian sekolah, hasil tes keterampilan lebih diutamakan ketimbang tes tertulis.

Bagi siswa penyandang difabel yang berada di sekolah inklusi juga akan mendapatkan tambahan waktu pengerjaan soal sebanyak 40 menit. Untuk siswa tunanetra, low vision, dan slow learner, soal yang dicetak telah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Meski begitu, tetap ada kemungkinan siswa masih membutuhkan pendampingan.

“Mereka memiliki hak pendampingan GPK [guru pendamping khusus], jadi nanti dalam satu ruangan, bisa dimungkinkan ada tiga pengawas. Dua pengawas ujian, satu GPK,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edi Heri Suasana, kepada wartawan, Jumat (11/4/2014).

Di sisi lain, keterbatasan tingkat intelegensia siswa SLB C menjadi alasan Disdikpora DIY untuk menyerahkan penyusunan soal kepada masing-masing SLB. Seperti di SLB C Dharma Rena Ring Putra 2 (DRRP 2), sekolah menyiapkan soal yang terdiri 35 soal, terbagi pilihan ganda, jawab singkat dan isian.

“Soal yang kami susun sebelumnya telah dikirim ke Disdikpora DIY untuk diperiksa, disesuaikan, lalu dikirim kembali ke sekolah,” ujar Sumarsih, Humas SLB DRRP 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Bantah Penyebab Hancurnya Gedung Pembangkit Listrik Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement