PENATAAN KOTA JOGJA : Rp9,4 Miliar untuk Beli BCB

28 Januari 2015 09:40 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Penataan Kota Jogja, dana sebesar Rp9,4 miliar digunakan untuk membeli BCB di Kraton dan Kotagede.

Harianjogja.com, JOGJA-Pada 2015, Pemerintah Kota Jogja mendapat aliran dana sebesar Rp34 miliar. Sekitar Rp29 Miliar di antaranya akan dimanfaatkan untuk menopang kegiatan di bidang kebudayaan. Selain pendanaan sektor kebudayaan, sisa dana keistimewaan (danais) itu digunakan Pemkot untuk penataan ruang.

Kepala Tata Pemerintahan Kota Jogja, Zenni Lingga menerangkan dari danais, Pemkot mendapat anggaran sebesar Rp9,4 Miliar untuk pembelian bangunan warisan budaya (BCB) di Kraton dan Kotagede.

"Sudah kita persiapkan, untuk kesiapan dokumen diperkirakan Februari. Pada April-Juni proses pengadaannya bisa dimulai," tutur Zenni, Senin (26/1/2015).

Terpisah, Koordinator Masyarakat Advokasi Warisan Kebudayaan (Madya) Daerah Istimewa Yogyakarta, Joe Marbun meminta agar pemerintah memertimbangkan tiga hal penting terkait upaya penataan Jeron Beteng. Yakni, kepentingan pelestarian budaya, kepentingan Kraton serta kepentingan masyarakat.

"Pelestarian warisan budaya diharapkan jangan sampai merugikan kepentingan masyarakat. Namun satu sisi eksistensi Kraton juga tetap terjaga, karena itu tidak semua bangunan harus dipindahkan," pungkas Joe.