Advertisement

Jembatan Turi Butuh Rp11,6 Miliar, Sementara Dipasang Jembatan Bailey

Ujang Hasanudin
Minggu, 03 Mei 2015 - 11:20 WIB
Nina Atmasari
Jembatan Turi Butuh Rp11,6 Miliar, Sementara Dipasang Jembatan Bailey Jembatan Turi, Sleman ambrol pada Rabu (22/4/2015). (JIBI/Harian Jogja - Sunartono)

Advertisement

Jembatan Turi Sleman yang ambrol butuh biaya hingga Rp11,6 miliar untuk membangun kembali

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pekerjaa Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU-ESDM) DIY menyatakan butuh dana Rp11,6 miliar untuk membuat Jembatan Pules yang permanen.

Advertisement

Jembatan Pules merupakan jembatan penghubung Jalan Turi-Pakem, Sleman, yang putus akibat terjangan banjir, beberapa waktu lalu. Jembata itu juga adalah jalur alternatif Magelang-Solo.

Kepala DPUP-ESDM, Rani Sjamsinarsi mengatakan kebutuhan dana pembangunan jembatan permanen sudah dilaporkan. Namun, dana pembangunan jembatan tidak mungkin dimasukkan dalam APBD perubahan tahun ini, karena waktunya sudah mepet. "Kemungkinan besar dianggarkan di 2016 mendatang," kata  Rani saat dihubungi,baru-baru ini.

Kendati demikian, Rani memastikan Jembatan Pules sudah bisa dilalui pada Senin (4/5/2015) dengan jembatan darurat dari bailey. Akan tetapi diakui Rani, jembatan darurat tidak mampu menahan kendaraan besar, seperti truk dan bus. "Hanya bisa dilalui mobil pribadi," ucap Rani.

Pembuatan jembatan darurat itu lebih cepet dari yang ditargetkan DPUP-ESDM, yakni dua pekan pascabanjir. Selesai pembangunan jembatan darurat Pules, selanjutnya akan dilakukan perbaikan gorong-gorong yang ambles di Jalan Siluk-Kretek Bantul.

Rani menambahkan, tahapan kedua pembangunan infrastruktur yang rusak akibat banjir akan difikuskan memperbaiki Bendungan Dadapayu, di Sendangtirto, Berbah, Sleman.

Saluran air di Bendungan tersebut masih ditutup karena mengancam 51 hektare sawah milik warga jika banjir kembali melanda.

DPUP-ESDM masih terus menghitung kerusakan infrastruktur akibat banjir, Rabu, pekan lalu. "Mungkin pekan depan sudah selesai dirapatkan," tandas Rani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement