Advertisement

LONGSOR GUNUNGKIDUL : Jalan Tertutup Longsor di Nglipar Mulai Terbuka

Uli Febriarni
Senin, 11 Mei 2015 - 10:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
LONGSOR GUNUNGKIDUL : Jalan Tertutup Longsor di Nglipar Mulai Terbuka Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)

Advertisement

Longsor Gunungkidul yang terjadi di Nglipar akhirnya dapat diatasi.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Jalan di Dusun Danyangan Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar yang sebelumnya tertutup material bukit setinggi 40 meter yang longsor pada Sabtu (2/5/2015), kini kembali terbuka.

Advertisement

Jalan yang menghubungkan tiga desa ini terbuka setelah dilakukan kerja bakti, mengerahkan ratusan warga termasuk para relawan. Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gunungkidul, Sutaryono mengatakan, untuk menyingkirkan ribuan meter kubik material tanah bercampur batu akibat longsornya Bukit Trosari di dusun setempat yang longsor, dilakukan kerja bakti yang setiap harinya mengerahkan rata-rata 100 warga.

"Kerja bakti dilakukan sejak Senin lalu. Selain warga setempat, kerja bakti juga mendapat banyak bantuan berbagai relawan termasuk dari TNI,” ungkapnya, Minggu (10/5/2015).

Untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup jalan, dilakukan dengan alat manual, misalnya cangkul. Hal ini dilakukan karena tidak mungkin dengan alat berat, sebab jalan menuju lokasi bencana ini sangat sulit dijangkau.

Dalam pelaksanaan kerja bakti itu, BPBD Gunungkidul memberikan bantuan logistik dalam bentuk makanan.

Terpisah, Kepala Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar, Sunaryo juga mengaku dengan selesainya kerja bakti ini maka akses jalan yang sebelumnya tertutup total, kini kembali terbuka. Jalan yang menggubungkan tiga desa, yakni Pilangrejo, Katongan dan Desa Kedungpoh di Kecamatan Nglipar, kini bisa digunakan lagi untuk arus lalu lintas, baik sepeda motor maupun mobil.

Sebelumnya, lereng Bukit Trosari setinggi 40 meter yang ada di Dusun Danyangan RT 06 RW 05 Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar, longsor. Ribuan meter kubik material longsor menutup jalan. Akibatnya, jalan antar desa putus total. Bencana ini terjadi Sabtu silam (2/5/2015) sekitar pukul 10.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement