URBANISASI USAI LEBARAN : Ratusan Warga Bantul Pindah ke Kota Besar

Pemudik dengan tujuan Jawa Timur menunggu bus di Terminal Tirtonadi Solo sisi timur, Selasa (21/7/2015). (Chrisna Chanis Cara/JIBI - Solopos)
26 Juli 2015 15:20 WIB Bhekti Suryani Bantul Share :

Urbanisasi usai lebaran dilakukan ratusan warga Bantul

Harianjogja.com, BANTUL- Ratusan warga Bantul mulai berurbanisasi ke sejumlah kota besar di Indonesia menyusul momen Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bantul Fenti Yusdayati mengatakan, sepanjang bulan ini atau bulan Lebaran tercatat sebanyak 310 warga Bantul yang pindah ke luar daerah.

Sebagian besar pindah ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sejumlah wilayah tersebut dikenal sebagai sentra industri yang merekrut banyak tenaga kerja. "Meski banyak pula yang pindah luar daerah masih dalam DIY namun banyak juga yang pindah ke Jabodetabek," ungkap Fenti Yusdayati, Jumat (25/7/2015).

Pada momen Lebaran, jumlah warga yang bermigrasi karena merantau ke luar daerah kerap meningkat. Kondisi tersebut menurut Fenti membawa dampak positif dan negatif. Di satu sisi membantu ekonomi keluarga bagi yang bekerja, namun cenderung merugikan daerah bila perantau kebanyakan usia produktif yang sejatinya dapat membangun daerah.