Advertisement

DEMO MAHASISWA JOGJA : Merasa Dipukuli Polisi saat Unjuk Rasa, Mahasiswa Mengadu ke LBH

Ujang Hasanudin
Senin, 01 Februari 2016 - 17:55 WIB
Nina Atmasari
DEMO MAHASISWA JOGJA : Merasa Dipukuli Polisi saat Unjuk Rasa, Mahasiswa Mengadu ke LBH Anggota LBH Jogja menunjukan luka di tubuh mahasiswa akibat tindakan oknum polisi saat mengamankan unjuk rasa saat ada Forum Rektor Indonesia di UNY. (Ujang Hasanudin/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Demo mahasiswa Jogja yang dilakukan Sabtu lalu berujung laporan salah satu mahasiswa yang merasa dianiaya polisi

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pendidikan (GNP) Jogja mengadu ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Senin (1/2/2016).

Advertisement

Mereka mengaku dipukuli oknum polisi saat melakukan unjuk rasa di kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada Sabtu (30/1/2016) sore.

Saat itu di UNY tengah digelar acara Forum Rektor Indonesia (FRI) yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Mahasiswa berusaha menerobos ke dalam acara FRI, namun dihadang aparat kepolisian dan keamanan dari UNY hingga terjadi aksi saling dorong.

Sebanyak 28 mahasiswa ditangkap dan dibawa ke Polres Sleman dengan tuduhan pengrusakan, "Dua rekan kami mengalami luka parah akibat dipukuli polisi, delapan lainnya luka ringan," kata Ardy Sihab, salah satu mahasiswa peserta aksi saat memberikan keterangan di kantor LBH Jogja.

Ardi mengaku proses unjuk rasa dilakukan dengan damai meski sempat terjadi pengadangan salah satu mobil yang diduga milik salah satu dari FRI. Namun, tiba-tiba polisi melakukan pengejaran pengunjuk rasa, pengeroyokon, dan pemukulan yang dilakukan oknum polisi berseragam.

Direktur LBH Jogja, Hamzal Wahyudin yang mendampingi kasus tersebut menilai polisi berlebihan dalam mengamankan aksi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa GNP di UNY. Menurutnya, pemukulan dan penangkapan peserta unjuk rasa sudah keluar dari prosedur pengamanan.

"Tindakan aparat kepolisian diluar prosedur, kami sangat menyayangkan," kata Wahyudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement