Advertisement

WABAH VIRUS ZIKA : Sardjito Lebih Waspadai DBD Daripada Zika

Sabtu, 06 Februari 2016 - 05:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
WABAH VIRUS ZIKA : Sardjito Lebih Waspadai DBD Daripada Zika Penanggulangan virus Zika di Kolombia (Reuters)

Advertisement

Wabah virus zika, jumlah tewas mencapai dua orang.

Harianjogja.com, JOGJA-Selama musim hujan, jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di seluruh kabupaten dan kota di DIY mencapai 243 kasus. Selain kasus DBD, wabah virus vika kini tengah menjadi perbincangan.

Advertisement

Terkait masalah itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Masalah Kesehatan (P2MK) Dinkes DIY Daryanto Chadorie meminta masyarakat untuk mewaspadai virus Zika. Seperti DBD, virus itu disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejalanya juga mirip dengan tambahan indikasi seperti ruam dan nyeri sendi.

Sampai saat ini Chadorie mengatakan DIY masih belum ditemukan kasus virus Zika yang masuk. Apalagi ada petugas kesehatan yang siaga di setiap pintu masuk dari luar negeri yang akan melakukan pengecekan kesehatan terhadap penumpang yang masuk dari daerah endemik virus Zika.

“Tetap waspada lebih baik. Yang jelas kami terus berkoordinasi untuk mencegah masuknya virus ini,” tandas dia, Jumat (5/2/2016)

Terpisah, Direktur Utama RSUP Sardjito Muhamma Syafak Hanung mengakui di RS yang dikelolanya juga sudah ada pasien DBD yang masuk. Dia tak hafal jumlah pastinya namun memastikan pihak Sardjito sudah memberikan pelayanan maksimal untuk menghindari kasus fatal.

“Ketimbang Zika kami lebih mewaspadai DBD. Sardjito menangani beberapa pasien dan Alhamdulillah tidak ada yang meninggal,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement