BANDARA KULONPROGO : Peletakan Batu Pertama Diprediksi November

10 Oktober 2016 23:21 WIB Sekar Langit Nariswari Kulonprogo Share :

Bandara Kulonprogo sebentar lagi masuk tahapan pembangunan

Harianjogja.com, BANTUL -- Peletakkan batu pertama Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) diprediksi bisa dilakukan pada November 2016. Hingga kini, sekitar 48,7% dari total seluruh lahan bandara telah selesai diganti rugi.

Dengan jumlah tersebut, lahan bandara yang sudah terealisasi sekitar 285,9 hektar dari keseluruhan. Project Manager Kantor Proyek Pembangunan Bandara NYIA PT Angkasa Pura I, Sujiastono mengatakan peletakkan batu pertama segera bisa dilakukan setelah serah terima hasil ganti rugi antara pihaknya dengan BPN DIY.

“Dengan progres seperti ini, groundbreaking diperkirakan bisa dilakukan November,”ujarnya, Senin (10/10/2016).

Berdasarkan hasil rekap data pencairan ganti rugi hingga 6 Oktober 2016, PT Angkasa Pura 1 telah melakukan pembayaran ganti rugi sekitar Rp2 triliun untuk 5 desa terdampak. Jumlah tersebut lebih sedikit daripada rencana pembayaran yang seharusnya mencapai Rp2,4 triliun.

Sujiastono mengatakan deviasi pembayaran tersebut dikarena sejumlah warga yang belum hadir meski telah diberikan undangan. Selain itu, masih ada pula warga yang belum bisa melengkapi data-data guna mengalihkan kepemilikan lahan tersebut. Adapun, pencairan ganti rugi sendiri telah selesai dilakukan di Balai Desa Palihan untuk warga dengan hak milik dan penggarap PAG.