Advertisement

KONFLIK WATUKODOK : Mungkinkah Investor Lepaskan Kekancingan?

Bhekti Suryani
Sabtu, 24 Desember 2016 - 09:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
KONFLIK WATUKODOK : Mungkinkah Investor Lepaskan Kekancingan? Suasana pembentukan deklarasi PKPM Gunungkidul di kawasan Watukodok, Kelor Kidul, Desa Kemadang, Tanjungsari. Senin (13/4/2015). (JIBI/Harian Jogja - David Kurniawan).

Advertisement

Konflik Watukodok sampai saat ini masih belum menemukan titik temu

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul memastikan belum mengambil kebijakan mengenai nasib warga Pantai Watu Kodok Desa Kemadang, Tanjungsari terkait konflik perebutan lahan yang diklaim pemerintah sebagai Sultan Grond (SG). Nasib warga bergantung keputusan investor dan Kraton Jogja.

Advertisement

Baca Juga : http://www.solopos.com/2016/12/23/konflik-watukodok-nasib-warga-watu-kodok-tunggu-kraton-779028">KONFLIK WATUKODOK : Nasib Warga Watu Kodok Tunggu Kraton

Sejatinya kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gunungkidul Tommy Harahap, apabila investor melepaskan kekancingan yang dimiliki, akan mudah bagi Pemkab Gunungkidul membantu warga memiliki hak menempati dan mengelola pesisir Watu Kodok. Pemerintah kata dia dapat memfasilitasi proses legalitas kekancingan dari Kraton Jogja untuk warga.

“Kami sebenarnya punya niat baik kok, kami mau memfasilitasi warga dengan Panitikismo Kraton Jogja, kalau seandainya kekancingan sudah diserahkan oleh investor. Tapi nyatanya kan enggak,” ujarnya lagi, Jumat (23/12/2016)

Terpisah, warga Pantai Watu Kodok Tupar menyatakan, sampai saat ini belum ada kebijakan baru dari pemerintah terhadap warga. Para warga kata dia sampai sekarang masih terus berkegiatan, membuka usaha di kawasan wisata tersebut.

Sedangkan investor menurutnya, saat ini terus melakukan pembangunan di dekat pantai menggunakan tanah kas desa.

”Kabarnya tanah kas desa itu sebagai pengganti lahan yang ada kekancingan itu. Sampai sekarang terus  membangun, bangunan semi permanen,” jelas Tupar.

Warga Watu Kodok sendiri sejatinya kata dia tidak terpengaruh dengan adanya pembangunan tersebut. Asalkan warga tetap dapat membuka usaha di kawasan wisata itu. Saat ini menurut Tupar, kunjungan di Pantai Watu Kodok terus meningkat sejak libur sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 57 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement