Advertisement

NATAL 2016 : Ada Jemaat Tamu Ikut Misa di GKJ Wates

Sekar Langit Nariswari
Minggu, 25 Desember 2016 - 14:20 WIB
Nina Atmasari
NATAL 2016 : Ada Jemaat Tamu Ikut Misa di GKJ Wates Sejumlah Polwan dari Polres Kulonprogo berjaga di pintu masuk GKJ Wates jelang pelaksanaan ibadah Natal pada Sabtu (24/12/2016) petang. (Sekar Langit Nariswari/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Natal 2016 di GKJ Wates diikuti pula oleh jemaat tamu

Harianjogja.com, KULONPROGO-Jemaat yang datang pada ibadah pada 24 Desember dinilai lebih sedikit daripada yang menghadiri ibadah pada hari Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Wates. Ibadah pada hari Natal bisa dihadiri oleh sekitar 1.500 hingga 2.000 jemaat.

Advertisement

Pendeta Matinus Dwi Anggara dari GKJ Wates mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk perayaan Natal di gerejanya. Semuanya dilakukan seperti perayaan Natal pada tahun-tahun lalu baik jadwal maupun lokasi ibadah. Karena itu, tema yang diangkat juga masih tetap mengenai menjaga kedamaian.

Meski demikian, ia mengakui jika jemaat yang hadir dalam misa malam Natal biasanya hanya berkisar 800 orang. “Jauh lebih banyak yang hadir ketika ibadah tanggal 25-nya,” ujarnya pada Sabtu (24/12/2016).

Selain jemaat yang terdaftar di gereja biasanya juga ada beberapa jemaat tamu yang ikut hadir. Jemaat tamu ini biasanya merupakan kerabat dari jemaat gereja yang kebetulan berkunjung atau pulang kampung ke Kulonprogo. Nantinya, dalam ibadah akan ditampilkan pula paduan suara oleh anak-anak dan drama oleh pemuda.

Seperti biasa, pihak gereja meminjam area halaman gedung-gedung sekitar sebagai area parkir bagi jemaat gerejanya, salah satunya di SMA BOPKRI Wates. Kondisi lalu lintas di jalan-jalan sekitar gereja ini juga dijaga oleh pihak kepolisian.

Selama jalannya misa, bantuan keamanan ini mengatur berbagai kendaraan yang melintas tepat di depan gereja ini untuk mengurangi kecepatan kendaraannya agar tidak mengganggu misa. Selain itu, jemaat diminta untuk membawa barangnya secukupnya saja, khususnya kitab suci.

Selain itu, jemaat GKJ Wates juga akan melaksanakan perayaan Natal pada Kamis (29/12/2016) mendatang. Pendeta Martinus menjelaskan perayaan akan dilakukan di Gedung Kesenian Wates yang salah satunya menampilkan anak-anak yang bermain alat musik tradisional.

Pemilihan lokasi dilakukan dengan menimbang lokasi Gedung Kesenian yang mengkomodir banyak orang dan lingkungan sekitarnya yang lebih cocok untuk keramaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anggaran Pupuk Bersubsidi Sentuh Rp54 Triliun, Mentan: Awasi Distribusinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement