Advertisement

PENATAAN MALIOBORO : Proyek Tahap Kedua Berjalan 9%

Sunartono
Jum'at, 21 April 2017 - 23:55 WIB
Mediani Dyah Natalia
PENATAAN MALIOBORO : Proyek Tahap Kedua Berjalan 9% Sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemprov DIY membersihkan sampah yang mengotori beberapa fasilitas di Kawasan Pedestrian Malioboro, Jumat (20/1/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI - Harian Jogja)

Advertisement

Penataan Malioboro akan masuk tahap akhir.

Harianjogja.com, JOGJA -- Proyek revitalisasi jalur pedestrian Malioboro tahap kedua yang berlangsung sejak pertengahan Maret telah memasuki 9% dari total keseluruhan pengerjaan. Pekan depan pelaksana proyek akan mulai memasang traso sebagai tahap akhir pemasangan lantai jalur pedestrian diikuti dengan street furniture.

Advertisement

Pemda DIY menganggarkan sebesar Rp17 miliar untuk pengerjaan revitalisasi tahap kedua. Revitalisasi fisik itu dilakukan dari depan Pasar Beringharjo, Pasar Sore, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Umum 1 Maret atau titik nol kilometer hingga depan Gedung Agung yang merupakan jalur pedestrian sisi barat.

Manajer Proyek Penataan Malioboro Tahap Kedua Ery Purnomo menjelaskan, hingga memasuki pekan kedua bulan April, pengerjaan proyek sudah mencapai 9% dari total seluruh perencanaan. Menurutnya, pencapaian itu melebihi target karena dalam perencanaan hanya 5%.

"Per Sabtu kemarin [pekan lalu] persentase perkembangan jadwal saya di posisi 9% tetapi rencana 5% jadi ada plus 4%," terangnya kepada Harianjogja.com, Jumat (21/4/2017).

Proses pengerjaan fisik secara umum untuk lantai dimulai dengan pembongkaran jalur pedestrian lama sampai di elevasi yang ditetapkan. Kemudian digali sekitar 35 sentimeter dilanjutkan ada urugan pasir sekitar delapan sentimeter. Di atasnya kemudian cor lantai beton disertai kerangka besi sekitar 15 sentimeter. Proses itu hingga pekan ketiga bulan ini telah dilalui di beberapa titik seperti di depan Pasar Beringharjo, Pasar Sore hingga depan Benteng Vredeburg. Selanjutnya pemasangan traso, kemudian dihaluskan dan tahap akhir pemasangan street furniture.

Ery menambahkan, pemasangan traso akan dimulai pada Selasa (25/4/2017) pekan depan, tepatnya di depan Pasar Beringharjo. Traso yang akan dipasang di lokasi itu merupakan buatan pabrik dengan ukuran 60 x 60 sentimeter sama seperti pada kontruksi revitalisasi tahap pertama. Sebanyak 400 item traso telah disiapkan di depan Beringharjo untuk segera di pasang. Berbeda dengan titik lain, pembuatan traso akan dilakukan sekaligus pemasangan di lokasi atau dikenal dengan cor di tempat.

"Jadi pasar sore ke selatan vredeburg, depan agung itu trasonya cor setempat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement