Advertisement

SERANGAN SIBER : "Tamu" DIY Mayoritas Dari Luar Negeri

Sunartono
Kamis, 18 Mei 2017 - 08:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
SERANGAN SIBER :

Advertisement

Serangan siber di Pemda DIY dapat diantisipasi

Harianjogja.com, JOGJA -- Perang siber bukan hanya isapan jempol. Pemda DIY melalui Dinas Komunikasi dan Informatik (Diskominfo) telah merasakan kondisi itu sejak beberapa bulan terakhir. Uniknya, banyak hacker yang berbuat baik kepada tim sekuriti data center Pemda DIY, dengan menginformasikan adanya serangan melalui dunia maya dalam berbagai bentuk.

Advertisement

Baca Juga : http://m.harianjogja.com/2017/05/17/serangan-siber-di-diy-dapat-ditangkal-berkat-hacker-817580">Serangan Siber di DIY Dapat Ditangkal Berkat Hacker

Berdasarkan pemantauan selama sebulan terakhir, tamu tak diundang yang menjelajah komputer Pemda DIY justru lebih banyak dari luar negeri. Setelah ditracking mereka berasal dari Rusia, China, Singapura dan Malaysia. Namun pihaknya tegas melakukan blokir demi keamanan.
"Tamu-tamu kita itu China, Rusia, Singapura, Malaysia itu intens masuk ke jaringan pemerintah, mau ambil apa saya nggak tau. Hanya terdeteksi IP dari sana. Ibarat mobil kan ada nopolnya, nah setelah kita cek asal nopolnya itu kelihatan," ungkap Kabid Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Diskominfo DIY Sugeng Wahyudi , Rabu (17/5/2017).

Menurut Sugeng, hasil pantauannya tidak ada serangan virus Ransome Wanna Cry. Namun, pada Selasa (16/5/2017) kemarin, jaringan yang menghubung ke Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah (BPAD) DIY ada kiriman paket yang mencurigakan atau pihak lain berusaha masuk. Pihaknya terpaksa mematikan jaringan internet dari pukul 09.00 WIB hingga siang.

"Kami hanya bisa memantau dan memblock, soal keamanan data itu diserahkan ke masing-masing pengguna komputer, kami tidak menjamin sepenuhnya aman," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 34 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement