Advertisement

Jelang Imlek, Malioboro Dipercantik

Ujang Hasanudin
Senin, 12 Februari 2018 - 22:40 WIB
Bhekti Suryani
Jelang Imlek, Malioboro Dipercantik

Advertisement

Reresik Malioboro juga dilakukan di kawasan Ketandan.

Harianjogja.com, JOGJA--Kegiatan reresik atau bersih-bersih kawasan Malioboro yang dilaksanakan setiap Selasa Wage kali ini tidak hanya membersihkan selasar yang digunakan pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan, namun juga akan membersihkan kawasan Ketandan, sebagai persiapan menyambut perayaan Imlek.

Advertisement

Ketua Paguyuban Tri Darma, salah satu paguyuban PKL Malioboro, Paul Zuklarnaen membenarkan, reresik Malioboro kali ini akan diarahkan ke Ketandan. “Sepanjang Malioboro tetap dibersihkan, setelah selesai diarahkan untuk bersih-bersih di kawasan Ketandan,” kata Paul, Senin (12/2/2018).

Paul mengatakan bersih-bersih Malioboro akan dimulai sekitar pukul 05.30 WIB sampai sekitar pukul 10.00 WIB. reresik tersebut diikuti semua komunitas di kawasan Malioboro. Selesai kerja bakti, semua komunitas juga akan menyelenggarakan doa bersama di Masjid DPRD DIY untuk kelancaran para pedagang dan pemerintah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro, Syarif Teguh Prabowo mengatakan, reresik Malioboro diselenggarakan oleh komunitas, namun pemerintah turut mendukung program setiap 35 hari sekali tersebut. Karena setiap bulannya, pemerintah juga akan melakukan perbaikan di kawasan Malioboro, seperti lampu, taman, dan kursi, dan sebagainya.

Selain membersihkan sampah, kata Syarif, para komunitas juga rencananya akan memasang pernak-pernik yang berkaitan dengan perayaan Imlek di sepanjang Jalan Malioboro dan kawasan Ketandan. Karena, kata dia, Ketandan selama ini menjadi salah satu kawasan cagar budaya yang menjadi daya tarik wisatawan.

Terlebih pada 24 Februari nanti di Ketandan juga akan digelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Acara yang rutin digelar tiap tahun tersebut juga mampu mendatangkan banyak wisatawan. Imbasnya, pedagang sepanjang Malioboro juga akan mendapat manfaatnya. “Maka Ketandan juga akan kami bersihkan sama-sama,” ucap Syarif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement