Pemkab Gunungkidul Siapkan Tiga Lokasi TPAS di Pesisir

03 Maret 2018 14:20 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Proses pembangunan TPAS di kawasan pesisir masih dalam tahap perencanaan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Pemerintah Kabupaten menyiapkan tiga lokasi untuk pembangunan Tempat Pengelolaan Akhir Sampah (TPAS) di kawasan Pantai Selatan.

Tiga lokasi ini meliputi kawasan di Desa Banjarejo, Tanjungsari; Desa Monggol, Saptosari dan Desa Tepus, Kecamatan Tepus.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo mengatakan, proses pembangunan TPAS di kawasan pesisir masih dalam tahap perencanaan. Selain penyiapan DED kawasan, tahun ini pemkab juga merencanakan pembebasan lahan untuk pembangunan.

“Untuk pembebasannya akan dilakukan oleh kami [Dinas Pertanahan dan Tata Ruang]. Untuk DED dan pembangunan, kewenangan berada di Dinas Lingkungan Hidup,” kata Winaryo saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (2/3/2018).

Dia menjelaskan, untuk pembebasan lahan sudah menyiapkan anggaran. Namun, di dalam pelaksanaannya, masih harus menunggu koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup. “Kita masih menungggu. Nanti kalau proposalnya sudah ada langsung ditindaklanjuti untuk pembebasan,” ungkapnya.