Advertisement

PPLP Gelar Konvoi Tolak Tambang Pasir Besi Kulonprogo

Uli Febriarni
Minggu, 01 April 2018 - 17:37 WIB
Nina Atmasari
 PPLP Gelar Konvoi Tolak Tambang Pasir Besi Kulonprogo Konvoi PPLP di Jalan Daendels untuk menolak tambang besi, Minggu (1/4/2018). - Harian Jogja/ Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ratusan orang yang tergabung dalam Paguyuban Petani Lahan Pantai (PPLP) Kulonprogo melakukan aksi konvoi menolak tambang pasir besi di pesisir pantai Kulonprogo, Minggu (1/4/2018/2018).

Konvoi dilakukan bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke-12 organisasi yang mewadahi para petani pesisir itu.

Koordinator PPLP Kulonprogo, Widodo mengatakan, pada ulang tahun kali ini, PPLP mengusung tema Gesik Kanggo Panguripan atau lahan untuk penghidupan. Tujuannya, untuk selalu mengingatkan seluruh anggota paguyuban, terhadap komitmen utama PPLP yang diusung sejak awal berdiri.

"Menolak penambangan pasir besi, melakukan perlawanan terhadap kegiatan eksploitasi lahan pantai. Hari ini kehidupan kami masih terancam oleh tambang dan kami berusaha untuk selalu mengingat dan waspada terhadap ancaman itu," kata dia, Minggu.

Ia mengungkapkan, sebagai petani, yang paling utama mereka butuhkan adalah tanah untuk ditanami. Para petani pesisir hingga kini masih tetap bercocok tanam, agar hasilnya bisa menjadi sumber nafkah. Hal inilah yang mendasari ketidakinginan para petani, tanah pesisir dieksploitasi untuk kegiatan penambangan pasir besi.

"Kami butuh lahan pangan, bukan lahan tambang. Kami akan tetap melakukan perlawanan terhadap ancaman yang menggusur ruang hidup petani," tambahnya.


Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement