Advertisement

Beringharjo Buka Malam: Nasib Selanjutnya Bergantung pada Jumlah Pengunjung

Abdul Hamied Razak
Minggu, 15 April 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Beringharjo Buka Malam: Nasib Selanjutnya Bergantung pada Jumlah Pengunjung Pasar Beringharjo mulai Kamis (11/4/2018) buka hingga malam hari. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Grafik jumlah pengunjung Pasar Beringharjo pasca-diberlakukannya penambahan jam operasional akan dijadikan dasar pembuatan kebijakan pemerintah ke depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja Maryustion Tonang mengatakan pemantauan jumlah pengunjung ke Pasar Beringharjo saat malam dilakukan di semua pintu masuk yang dibuka. Masing-masing pintu ada petugas yang melakukan pantauan dan menghitung jumlah pengunjung.

Advertisement

"Kami hanya buka tiga pintu masuk saja untuk malam hari. Jumlah kunjungan ini yang kami pantau," katanya, Sabtu (14/4/2018).

Dia mengatakan hasil data pemantauan jumlah kunjungan tersebut nantinya akan menjadi dasar dan evaluasi untuk menentukan kebijakan ke depan. Tidak hanya pengunjung, pantauan juga diarahkan bagi para pedagang yang beroperasi pada malam hari.

"Bagaimana fluktuasi pengunjung, pedagang dan lainnya, ini akan menjadi gambaran untuk menentukan kebijakan yang akan kami ambil selanjutnya," kata dia.

Sejatinya, kata Maryustion Dinas melakukan evaluasi setiap hari. Melalui evaluasi tersebut, Dinas dapat menentukan langkah yang akan diambil, termasuk menetapkan pilihan terkait operasional pasar hingga malam hari.

Sampai saat ini, jumlah pedagang yang membuka kiosnya sampai malam hari lebih dari 50% dari total pedagang di Pasar Beringharjo sisi barat.

Bisa saja, kata dia, pasar akan tetap buka sampai malam hari atau tetap buka dengan berbagai perbaikan. Hal itu menunggu hasil evaluasi secara keseluruhan. "Kami tidak memaksa pedagang buka sampai malam, namun ajakan untuk beroperasi hingga malam dilakukan untuk mendukung atraksi wisata malam di Jogja," katanya.

Dia juga berharap agar para pedagang juga memberikan masukan agar seluruh pintu masuk ke Beringharjo sisi barat bisa dibuka. Namun, Disperindag belum dapat mengabulkannya karena harus memperhatikan faktor keamanan dan keterbatasan petugas keamanan sehingga hanya tiga pintu saja yang dibuka.

Sekadar diketahui Pasar Beringharjo mulai melakukan uji coba buka hingga malam hari sejak Rabu (11/4/2018). Selama uji coba, pedagang tidak diminta menambah pembayaran retribusi.

Hanya saja sejumlah pedagang masih menanyakan akses masuk ke pasar. Dinas dengan alasan keamanan hanya membuka tiga pintu saat malam, pintu barat utama, pintu selatan dan pintu timur. "Sebagian pedagang merasa tidak adil karena tidak semua pintu pasar dibuka. Kami berharap kalau bisa dibuka semua," kata Ketua Paguyuban Pedagang Beringharjo Pager Harjo Ujun Djunaedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement