Lebaran, Penataan Malioboro Dimulai Kembali H+7

Pelancong menikmati suasana kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta yang lengang seperti terlihat pada Senin (29/05/2017). - Harian Jogja/Desi Suryanto
20 Mei 2018 13:17 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Proyek penataan Malioboro akan kembali dimulai pada H+7 Lebaran. Tapi saat itu, pekerja baru akan bersih-bersih untuk persiapan kontruksi lanjutan. Proyek baru akan benar-benar dimulai kembali pada H+14.

Manajer PT F Syukri Balak, kontraktor penataan sisi barat Malioboro, Eri Purnomo mengatakan, terhitung per pekan lalu, progres penataan sisi barat Malioboro sudah mencapai 35%. Adapun kontrak antara Pemda dengan PT. F. Syukri Balak sendiri akan berakhir pada 12 Desember 2018.

"Cuma kan di dalam proyek yang namanya finishing itu kan membutuhkan waktu cukup panjang. Jadi kami kemarin ngejar struktur utama bawahnya, sebelum finishing seperti lantai teraso. Kalau kelengkapan kayak kursi dan sebagainya itu kan butuh cukup waktu," ujar dia saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (18/5/2018).

Sebelumnya, Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro Rudi Harto menyatakan, keputusan kontraktor menghentikan proyek pada H-7 sampai H+7 Lebaran sudah tepat, sebab pada periode itulah turis paling banyak berkunjung ke Malioboro.

Ia tak berharap proyek selesai sepenuhnya sebelum Lebaran."Paling tidak wisawatan punya akses. Lubang-lubang juga sudah ditutup. Jangan sampai pengunjung masuk gorong-gorong,” jelas Rudi.