Advertisement

Komunitas Lentera Buku: Generasi Muda, Bacamu Belum Usai!

Anton Wahyu Prihartono
Selasa, 22 Mei 2018 - 20:41 WIB
Anton Wahyu Prihartono
Komunitas Lentera Buku: Generasi Muda, Bacamu Belum Usai! Suasana bedah buku di Bjong Ngopi, Depok, Sleman, Sabtu (19/05/2018). - Istimewa

Advertisement

 

Harianjogja.com, JOGJA-Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional pada 17 Mei, Komunitas Lentera Buku menyelenggarakan bedah buku Aku, Buku, Dan Sepotong Sajak Cinta di Bjong Ngopi, Nologaten, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Sabtu (19/05/2018).

Advertisement

Acara diikuti berbagai kalangan baik mahasiswa maupun masyarakat umum. Buku tersebut merupakan karya Muhidin M. Dahlan. Tampil sebagai pembedah buku yakni Dwi Cipta yang merupakan penulis buku Darah Muda.

Komunitas Lentera Buku terdiri dari Mahasiswa Public Relation Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang merasa resah terhadap kondisi generasi muda yang kurang memiliki semangat untuk membaca buku. Menurut salah satu panitia bedah buku, Nonik Widyawati dalam siaran pers yang dikirim ke harianjogja.com, berdasar data studi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen atau 1 berbanding 10.000. “Sehingga komunitas kami memiliki perhatian yang lebih akan hal itu,” ujar Nonik.

Komunitas mendukung visi Generasi Muda, Bacamu Belum Usai. Ayo Membaca!". Sebagai bentuk kepedulian terhadap literasi, komunitas juga melakukan penggalangan donasi buku selama satu bulan dan akan dihibahkan kepada Rumah Baca Komunitas (RBK) yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai rumah baca gratis bagi masyarakat umum.

Dalam acara bedah buku itu, peserta sangat antusias dan diskusi tentang dunia literasi cukup hidup. Acara dimeriahkan dengan pementasan puisi oleh perwakilan dari Pers Mahasiswa (Persma) Jaganyala. Dipengujung acara, bertepatan dengan waktu berbuka puasa dan diisi dengan penampilan Band Ale sebagai hiburan penutup malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement