Advertisement

Ikhlas Siapkan Ribuan Hidangan Berbuka, Kadang Iuran Jika Dana Kurang

Abdul Hamied Razak
Rabu, 06 Juni 2018 - 11:35 WIB
Maya Herawati
Ikhlas Siapkan Ribuan Hidangan Berbuka, Kadang Iuran Jika Dana Kurang Ibu-ibu di sekitar Masjid Jogokariyan menyiapkan hidangan berbuka akhir pekan lalu - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah masjid di Kota Jogja rutin menyediakan hidangan berbuka puasa. Hidangan itu adalah masakan rumahan yang dimasak ibu-ibu sekitar masjid. Dari tangan mereka, ribuan porsi menu berbuka diracik setiap hari dan dihidangkan bagi siapa saja yang hendak berbuka puasa. Gratis.

Azan salat Asar belum berkumandang. Waktu baru menunjukkan angka 14.30 WIB. Di Masjid Jogokariyan, Mantrijeron, Jogja kesibukan sudah tampak. Ibu-ibu sibuk hilir mudik menata meja, menyiapkan hidangan berbuka. Setiap hari, selama bulan Ramadan, pemandangan ini jamak terjadi. Menu buka puasa yang dihidangkan biasanya terdiri dari nasi, lauk, minum dan buah untuk takjil.

Advertisement

Ibu-ibu itu adalah warga di sekitar Masjid Jogokariyan yang dibentuk secara kelompok untuk menyiapkan hidangan berbuka. Setiap hari ada sekitar 2.500 porsi hidangan disediakan gratis bagi jemaah.

Panitia masjid membentuk kelompok ibu-ibu yang bergerak menyediakan menu berbuka. Per kelompok terdiri dari sekitar 20-25 orang. Total ada 28 kelompok yang mendapat jadwal hari masing-masing. Seperti pada Sabtu, kelompok Umi, 50, mendapat giliran.

"Kebetulan ini jadwal kelompok saya. Sebelum Ashar semua sudah siap di masjid. Kami membuat menu soto untuk buka puasa," kata Umi, kepada Harian Jogja.

Umi cukup sibuk menyiapkan hidangan bersama ibu-ibu lainnya. Karena porsi yang dibutuhkan banyak, tenaga yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Menu yang disajikan dibebaskan. Sesuai keinginan dan kemampuan masing-masing kelompok.

Para ibu ini dengan sukarela membantu memasak hidangan berbuka puasa. Bahkan mereka ikut menyumbangkan dana pribadi untuk menutupi kekurangan biaya.

"Tiap kelompok kami beri anggaran Rp11 juta untuk menyiapkan lauk. Kalau ada kekurangan mereka yang melengkapi. Kalau habisnya Rp15 juta, yang Rp4 juta dibagi rata," kata Anjang Nur Rohman salah seorang takmir Masjid Jogokariyan.

Donasi untuk buka bersama dari jemaah terus mengalir. Setiap Ramadan, dana yang dikeluarkan untuk buka puasa bersama sekitar Rp500 juta lebih. "Alhamdulillah, sampai hari ini sudah terkumpul Rp700 juta. Semua dari donatur. Karena kebutuhan kami hanya Rp550 juta, sisanya kami salurkan ke masjid-masjid binaan yang juga menggelar takjilan," katanya.

Sudah lazim menjelang buka puasa, beberapa masjid di Jogja menjadi sasaran jemaah. Selain menjadi tempat berbuka puasa, jemaah juga khusyuk mendengarkan ceramah. Siraman rohani sambil menunggu berbuka ini cukup digandrungi masyarakat. Alhasil, masjid pun penuh sesak.

Tradisi berbuka puasa secara gratis di masjid-masjid ini masih dipertahankan sampai saat ini.

Selain di Masjid Jogokariyan, ada juga di Masjid Syuhada terletak di Jalan I Dewa Nyoman Oka 13 Kotabaru Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 13 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement