Advertisement

Kemampuan Bahasa Inggris Rendah, Kandidat Penerima Beasiswa Luar Negeri Minim

Sunartono
Rabu, 18 Juli 2018 - 11:10 WIB
Laila Rochmatin
Kemampuan Bahasa Inggris Rendah, Kandidat Penerima Beasiswa Luar Negeri Minim Ilustrasi mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Kementerian Agama kerap mengalami kesulitan dalam mencari kandidat calon penerima beasiswa yang akan dikirim di sejumlah perguruan tinggi di negara barat salah satunya dalam program 5.000 doktor. Musababnya, kemampuan bahasa Inggris akademisi di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tergolong rendah dan tidak memenuhi standar.

Kenyataan itu terungkap dalam seminar Peran Ujian Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Pengembangan Kapasitas Insan Akademik dan Institusi Pendidikan PTKIN di UIN Sunan Kalijaga, Selasa (17/7/2018). Forum itu diikuti 57 perwakilan baik pimpinan maupun dosen perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Agama.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Profesor Yudian Wahyudi menjelaskan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama memiliki program mencetak 5.000 doktor yang beberapa persennya diharapkan menempuh pendidikan di negara barat. Sayangnya, untuk tujuan perguruan tinggi di barat kekurangan pelamar karena kemampuan bahasa Inggris rendah.
 
"Salah satu kelemahan PTKIN adalah bahasa Inggris. Kegiatan ini salah satunya untuk merespons hal itu, agar ada pembibitan sejak awal dalam kemampuan berbahasa Inggris," kata Yudian, Selasa (17/7/2018).

Lulusan Amerika Serikat ini mengatakan, kenyataan itu mungkin disebabkan karena PTKIN sering berorientasi ke Timur Tengah dalam proses pendidikan sehingga lebih mengutamakan bahasa Arab. Padahal, kata dia, harus diakui banyak ilmu yang bisa didapatkan di barat. Indonesia justru lebih banyak mengirim mahasiswa untuk belajar agama di Timur Tengah dalam jumlah banyak.

"Kalau ke Timur Tengah memang sebaiknya belajar agama, tetapi yang dikirim ke sana sudah terlalu banyak," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan seminar dan pelatihan itu sebagai jembatan bagi seluruh PTKIN di Indonesia untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggris. Selain mendaftar beasiswa di negara barat kemampuan bahasa Inggris bisa mendaftar di berbagai negara di dunia. Karena syarat utama untuk bisa ke negara barat penguasaan toefl harus tinggi, belum lagi untuk tingkatan doktor akan lebih ketat.

"Kalau tidak digerakkan, ke depan kita akan terus kekurangan yang akan dikirim ke negara barat," ujarnya.

Direktur Indonesian International Education Foundation (IIEF) Diana Kartika menilai lemahnya kemampuan berbahasa Inggris sebenarnya tidak hanya terjadi di PTKIN tetapi juga perguruan tinggi umum lainnya. Menurut dia, minimnya kemampuan bahasa itu harusnya menjadi masalah besar sebagai negara besar yang paling banyak mendapatkan jatah beasiswa dari luar negeri.

"Tetapi penyerapannya susahnya setengah mati mencari kandidat untuk bisa diterima beasiswa. Program 5.000 doktor itu dalam pantauan kami termasuk susah mencari kandidat, masalahnya apa? kemampuan bahasa Inggris," jelas dia.

Diana menilai masalah itu harus segera direspons pemerintah. Mengingat, banyak orang-orang hebat yang terganjal tidak bisa lolos ke luar negeri hanya karena kemampuan bahasa Inggris tidak memenuhi standar.

"Mungkin karena banyak masyarakat menganggap remeh bahasa, kemudian saat butuh persyaratan skor toefl baru kelabakan mencari dan berlatih bahasa," kata dia.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement