Advertisement

Empat Tahun Tak Berfungsi, Saluran Irigasi di Godean Diaktifkan Lagi

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 08 Agustus 2018 - 22:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Empat Tahun Tak Berfungsi, Saluran Irigasi di Godean Diaktifkan Lagi Alat berat dioperasikan untuk memperbaiki saluran irigasi di Dusun Sembuh Kidul, Desa Sidomulyo, Kecamatan Godean, Rabu (8/8 - 2018).Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Saluran irigasi di Kecamatan Godean diperbaiki untuk diaktifkan kembali. Saluran irigasi tersebut mencukupi kebutuhan air area persawahan di Godean. Perbaikan dilakukan oleh petugas Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) DIY.

Staf lapangan BPSDA DIY, Arianto, mengatakan saluran irigasi tersebut sudah tidak berfungsi selama empat tahun terakhir. "Sudah sejak lama tidak berfungsi, dan selama ini kami belum menemukan penyebabnya," kata Arianto saat ditemui di salah satu titik lokasi perbaikan di Godean, Rabu (8/8/2018).

Advertisement

Menurut Arianto, perbaikan dilakukan sebagai upaya menghidupkan kembali saluran irigasi sekunder di Saluran Irigasi Van Der Wijck, Godean, Sleman. Saluran Irigasi Van Der Wijck menjadi bagian dari jaringan Saluran Induk Mataram. "Saat ini dilakukan pengerukan di saluran irigasi yang sudah dangkal akibat endapan lumpur, kami melakukan pengerukan dengan kedalaman sekitar dua meter," katanya.

Saluran irigasi yang diperbaiki sepanjang lima kilometer. Sementara panjang Saluran Irigasi Van Der Wijck yaitu 45 kilometer. Saluran sekunder tersebut direncanakan diaktifkan lagi dengan mempertimbangkan debit air di hulu.

Ketua Gapoktan Desa Sidomulyo, Kecamatan Godean, Jumeni, mengatakan air untuk kebutuhan petani di wilayahnya Godean selama ini sangat mencukupi. Menurut Jumeni, musim kemarau seperti saat ini petani di sisi utara Selokan Mataram banyak yang beralih menanam hortikultura, sedangkan petani di sisi selatan Selokan Mataram tetap menanam padi. "Sebagian petani kini menyesuaikan jenis komoditas yang ditanam, terutama menyesuaikan dengan pasokan airnya," kata Jumeni, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement