Asyik, Disdukcapil Gunungkidul Jemput Bola Rekam E-KTP ke SMA/SMK

Ilustrasi e-KTP. - Solopos/M. Ferri Setiawan
09 Agustus 2018 08:20 WIB Jalu Rahman Dewantara Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul akan mendatangi sejumlah sekolah menengah atas dan kejuruan untuk program perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) demi membantu pemilih pemula Pemilu 2019 agar tetap bisa menggunakan hak pilih.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gunungkidul Arisandy Purba mengatakan penduduk Gunungkidul yang berumur 17 tahun sebelum Pemilu 2019 ada sebanyak 8.100 orang. Program mendatangi sekolah ini dilakukan agar ada sinkronisasi data antara Komisi Pemilihan Umum dan Disdukcapil.

Program rekam e-KTP ini akan dimulai pada September mendatang sampai Maret 2019 dengan menarget 20 sekolah. "Jangan sampai anak-anak sekolah kehilangan haknya untuk memilih,” kata Aris, Rabu (8/8).

Saat ini 97% masyarakat di Gunungkidul telah perekaman e-KTP sehingga masih kurang 3% atau sekitar 8.000 orang yang belum perekaman. Warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik di antaranya yang telah jompo dan penyandang disabilitas.