Advertisement

Ngarsa Dalem Terima Penghargaan dalam Indonesia Museum Award 2018

Sunartono
Senin, 24 September 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
Ngarsa Dalem Terima Penghargaan dalam Indonesia Museum Award 2018 Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinilai memiliki ide-ide brilian untuk menjadikan museum sebagai salah satu sarana pendidikan di luar sekolah, Gubernur DIY Sri Sultan HB X bakal dianugerahi penghargaan dari Komunitas Jelajah. Penghargaan itu bakal diberikan kepada Sultan dalam perhelatan Indonesia Museum Award (IMA) 2018.

Juri IMA 2018 Wiendi Nuryanti menjelaskan penentuan tokoh yang berhak mendapatkan penghargaan itu melalui proses panjang. Setelah menentukan sejumlah nominae, akhirnya HB X menjadi salah satu penerima penghargaan tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Alasannya, kata dia, HB X dianggap berjasa sebagai pencetus pertama kali bahwa belajar ada tiga pilar yaitu di sekolah, perpustakaan dan museum. Pemikiran HB X tentang memasukkan museum sebagai tempat belajar itu kini menjadi referensi secara nasional ketika akan menyusun kurikulum.

Untuk itu, Komunitas Jelajah akan memberikan penghargaan kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalan perhelatan Indonesia Museum Award (IMA) 2018. Penghargaan itu diberikan atas dedikasi HB X dalam mencetuskan ide museum sebagai salah satu sarana pendidikan di luar sekolah. "Jadi selalu menggunakan referensi sabda beliau mengenai itu dan dijadikan sebagai bahwa belajar itu bisa di luar sekolah tidak harus di dalam kelas," ucapnya seusai bertemu HB X di kompleks Kepatihan, Senin (24/9/2018).

Dia mengatakan atas ide HB X itu pula, kini museum menjadi sumber inspirasi terutama bagi anak dan remaja. Sehingga museum menjadi salah satu tempat pembelajaran yang penting. "Ini bisa untuk pembentukan karakter," ujar mantan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Seperti diketahui, Pemda DIY punya program yang bernama Wajib Kunjung Museum (WKM) bagi siswa di sekolah. Program ini menjadikan museum sebagai salah satu pusat pembelajaran.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Pekan Ini Jembatan Kretek 2 Diresmikan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Naik Status Jadi Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Letusan

News
| Senin, 05 Desember 2022, 00:47 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement