Advertisement

Sleman Paling Rawan saat Pemilu, Ini Penjelasan Bawaslu

Sunartono
Sabtu, 29 September 2018 - 07:50 WIB
Bhekti Suryani
Sleman Paling Rawan saat Pemilu, Ini Penjelasan Bawaslu Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY memasukkan Kabupaten Sleman sebagai wilayah paling rawan dalam Pemilu 2019 mendatang di DIY.

Komisioner Bidang Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY Sri Rahayu Werdiningsih menjelaskan pemetaan terhadap daerah rawan akan terus dilakukan hingga ke level masyarakat.

Advertisement

Ia mengaku kaget dengan dimasukkannya DIY sebagai daerah rawan kedua seluruh Indonesia. Namun predikat itu memang bukan tanpa alasan mengingat pada pemilu 2014 silam ada sejumlah kasus di wilayah DIY.

Ia menambahkan, pemetaan tingkat kerawanan di DIY memasukkan Sleman sebagai kabupaten paling rawan dengan indeks 66,67%, disusul Kulonprogo dan Gunungkidul dengan jumlah yang sama persentase 61,90%. Adapun Bantul rawan di nomor ketiga dengan persentasi 46,43% dan Kota Jogja termasuk urutan terakhir tingkat kerawanan di angka 39,29%.

"Sleman tingkat kerawanan paling tinggi. Saya kaget juga Sleman ternyata lebih rawan dari Kota Jogja. Padahal Kota Jogja ini dalam Pemilu sering ada gesekan," katanya, Jumat (27/9/2018).

Dengan adanya analisa tersebut akan menjadi peringatan bagi Bawaslu DIY untuk berkoordinasi dengan semua pihak termasuk aparat kepolisian. Bawaslu akan memaksimalkan pengawasan untuk meminimalisasi terjadinya protes dan sejenisnya.

"Kalau 2014 sempat terjadi penghitungan ulang selain itu ada pemungutan suara ulang seperti di Bantul dan Gunungkidul, rekapitulasi ulang juga ada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penyelundupan Paket Ganja via Ekspedisi Berhasil Digagalkan, Ini Kronologinya

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement