Advertisement

HomeDiploFest UMY Bahas Isu Palestina

Laila Rochmatin
Sabtu, 27 Oktober 2018 - 08:10 WIB
Laila Rochmatin
HomeDiploFest UMY Bahas Isu Palestina	Menlu Retno Marsudi usai mengjadiri peringatan Hari Kartini di Kimpleks Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (21/4/2018). - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema Hubungan Luar Negeri Indonesia dan Kawasan Asia Pasifik Afrika (ASPASAF).

Kegiatan yang merupakan bagian dari rangkaian acara Diplomasi Festival (DiploFest) 2018 ini diselenggarakan di Gd. Ibrahim E.6 lantai V, Kampus Terpadu UMY, Kamis (25/10/2018).

Advertisement

Pembicara dalam acara ini adalah Desra Percaya (Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI) dan Ali Muhammad (Direktur Pusat Studi ASEAN UMY). Fokus utama diskusi mengenai isu konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel yang seakan tak berujung, serta bagaimana hubungan Indonesia dan upaya solusi yang sudah diberikan untuk mewujudkan perdamaian.

Ali Muhammad menjelaskan konflik yang sudah berkepanjangan antara Palestina dan Israel masih belum juga menemui titik terang. Dalam hal ini bangsa Palestina menjadi korban atas penjajahan yang dilakukan Israel. Banyak korban berjatuhan mulai dari warga sipil, wanita dan juga anak-anak. Konflik itu telah mendapatkan perhatian dunia karena telah merusak arti Hak Asasi Manusia (HAM) dan mencederai tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).


“Indonesia sendiri sejauh ini terus mengupayakan kemerdekaan Palestina dan solusi perdamaian antara kedua negara yang berkonflik, meski sebenarnya banyak tantangan terutama Amerika Serikat yang selalu memberikan dukungan untuk Israel,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tol Jogja Solo Dilewati 109 Ribu Kendaraan Selama Libur Lebaran 2024

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement