Advertisement

Pegunungan Menoreh Tidak Cocok Dibangun Hotel Bertingkat

Uli Febriarni
Minggu, 04 November 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
 Pegunungan Menoreh Tidak Cocok Dibangun Hotel Bertingkat Suasana sepi damai hari di Puncak Ngepoh yang belum banyak dikunjungi wisatawan, Jumat (4/5/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Sejumlah investor sudah membebaskan tanah, di wilayah empat kecamatan yang ada di perbukitan Menoreh. Empat kecamatan itu antara lain Kecamatan Girimulyo, Kokap, dan Samigaluh.

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kulonprogo, Robi Ampera menjelaskan beberapa investor juga sudah melakukan uji kontur tanah di kawasan Bukit Menoreh. Dari sana diketahui, tanah di kawasan Bukit Menoreh tidak solid dan berpotensi longsor, sehingga tidak cocok dibangun hotel bertingkat.

Advertisement

"Investor akan mengembangkan cottage [penginapan, pondokan]. Kami akan memfasilitasi investor soal pengadaan tanah dan perizinannya," kata dia, Jumat (2/11/2018).

Ia menambahkan, selain di kawasan pegunungan, di daerah selatan juga telah muncul banyak investasi rumah makan, dan perhotelan bintang lima, beberapa di antaranya sudah mendapat izin dan mulai membangun. Termasuk izin investasi rest area di Kecamatan Temon yang izinnya sudah turun.

Kendati demikian, menurut Robi, para investor masih menunggu berbagai kebijakan strategis pemkab, dalam mengembangkan potensi wisata di Bukit Menoreh.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Niken Probo Laras mengatakan, investasi pariwisata di Kulonprogo berkembang pesat. Warga atau perorangan mengembangkan wisata berbasis potensi lokal. Mereka menyadari, adanya New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur prospektif untuk investasi ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bakal Periksa Bupati Sidoarjo Hari Ini

News
| Jum'at, 19 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement