Tingkatkan Profesionalisme, Diskominfo Gunungkidul Adakan Pelatihan Jurnalistik

Pelatihan jurnalistik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul di Hotel Cyka Raya, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kamis (22/11).-Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
22 November 2018 18:00 WIB Galih Eko Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul mengadakan pelatihan jurnalistik untuk para pegawainya, dengan mendatangkan pemateri dari Harian Jogja, di Hotel Cyka Raya, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari, Kamis (22/11).

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Gunungkidul Asman Latif mengungkapkan pelatihan semacam ini sangat penting bagi Diskominfo. Diskominfo merupakan jendelanya Pemkab Gunungkidul, yang berhubungan dengan dunia di luar.

“Sangat penting menyajikan kabar dengan cara yang profesional, tentu dengan belajar dengan yang profesional juga,” ujarnya, kemarin. Diharapkan nantinya apa yang ada didapur kerja Pemkab Gunungkidul dapat tersampaikan dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Diskominfo bisa menyajikan berita yang akuntabel.

Asman mengungkapkan meski jabatan di dinas sering ada mutasi atau pemindahan pegawai, namun pendidikan jurnalistik, memahami tentang 5W+1H sangat penting untuk dipelajari. Diharapkannya para pegawai nanti juga dapat menyampaikan atau berkomunikasi secara lisan dengan baik pula setelah menerima pelatihan ini.

Dikatakannya di era komunikasi melalui media sosial ini juga menjadi tantangan tersendiri, karena komunikasi tidak hanya terjadi satu arah, namun dapat secara cepat bisa direspons masyarakat, sehingga dengan belajar penulisan secara profesional diharapkan dapat informasi yang disampaikan tidak timbul permasalahan.

“Maka profesionalisme perlu kita junjung tinggi tidak terlarut dalam emosional. Saat ini memang dituntut untuk cepat, namun jangan sampai lumpa juga dengan kaidah yang ada,” ujarnya.
Senada dengan Asman, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Gunungkidul, Supriyanto, mengatakan bahwa dengan pelatihan ini diharapkan semakin membentuk sumber daya manusia yang professional sehingga bisa menyajikan berita yang valid.

“Tentu diharapkan nanti dapat menyajikan berita yang menarik, sehingga pembaca tidak bosan membaca berita itu. Baik dengan tampilan gambarnya, grafis dan lain sebagainya,” ujarnya.
Dalam pelatihan itu disampaikan materi jurnalistik oleh Redaktur Harian Jogja, Maya Herawati, dan pelatihan untuk membuat grafis menarik dan mudah dipahami disampaikan oleh Asisten Manajer Produksi Harian Jogja, Daniel Kristian.