Jelang Natal, Lima Gereja Ini Disterilkan Polda DIY

Ilustrasi penyisiran gereja. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
24 Desember 2018 17:20 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Tim Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob Polda DIY menyisir sejumlah gereja di Bantul. Penyisiran gereja jelang Misa Natal ini untuk mengantiipasi aki teror.

Ada lima gereja yang disterilkan oleh Tim Jibom, yakni Gereja Santo Yakobus Klodran, Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus Bambanglipuro, Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik St.Teresia Sedayu, dan Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu.

Kelima gereja itu merupakan gereja yang memiliki jemaah hingga ribuan orang. Selain lima gereja, di Bantul ada 54 gereja lainnya yang juga sudah memiliki pengamanan khusus jelan Misa Natal. "Setelah diseterilisasi selanjutnya pengamanan gereja dilakukan oleh tim pengamanan terpadu dari kepolisian dan TNI," kata Kanit Jibom Satuan Brimob Polda DIY, Iptu Tri Jaka, seusai penyisiran di Gereja Yakobus Klodran, Bantul, Senin (24/12/2018).

Ada 15 personel yang bekerja dengan peralatan lengkap alat pendeteksi bahan peledak dan pendeteksi logam. Penyisiran dilakukan di hampir semua sisi gereja mulai dari altar, tempat duduk jemaah, replika gua kelahiran Yesus, atap, hingga sela-sela bangunan rumah ibadah.

Hasil sterilisasi petugas tidak menemukan bahan berbahaya atau barang yang mencurigakan. Kapolsek Bantul Komiaris Polisi Munawir menambahkan proses pengamanan gereja selama perayaan Natal akan ditingkatkan. Bahkan semua jemaah yang akan beribadah akan melalui proses pemeriksaan.

Karena itu ia mengimbau jemaah agar tidak membawa tas besar atau tas ransel untuk memudahkan pemeriksaan, "Semua barang bawaan yang masuk nanti akan diperiksa terlebih dahulu," ujar Munawir.

Sementara itu Misa Natal di Gereja Santo Yakobus Klodran digelar pada pukul 20.00 WIB yang dipimpin oleh Romo Paulus Tri Ardianto. Selasa (25/12/2018) ada Misa Natal pagi dipimpin oleh Romo Toto Supriyanto, pukul 07.30 WIB. "Jemaahnya khusus disini sekitar 2.500 orang," kata Panitia Misa Natal Gereja Yakobus Klodran Bantul, Yohanes Nugroho.