Begini Prediksi Cuaca dari BMKG pada Malam Tahun Baru di Jogja

Ilustrasi pesta kembang api pada perayaan tahun baru - JIBI
31 Desember 2018 13:50 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY mempredikisi cuaca saat perayaan malam tahun baru diperkirakan berawan. Hanya saja, di beberapa wilayah hujan akan turun dengan intensitas sedang-ringan.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Jogja Djoko Budiyono mengatakan potensi hujan ringan-sedang akan terjadi di wilayah Sleman bagian Utara, Kulonprogo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara. Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan sedangkan Selasa (1/1/2019) dini hari kondisi cuaca diperkirakan berawan dan hujan sangat ringan di Kulonprogo bagian Selatan, Bantul bagian Selatan dan Gunungkidul bagian Selatan.

"Untuk dini hari pergantian tahun baru diprediksi berawan, di bagian selatan Jogja berpotensi terjadi hujan," jelasnya kepada Harianjogja.com, Senin (31/12/2018).

Kondisi cuaca tersebut, lanjut Djoko, diiringi suhu udara antara 23°C hingga 31°C dengan kelembaban udara 62-97%. Untuk angin umumnya berhembus dari arah Barat dan Barat Daya dengan kecepatan antara 5 - 25 km/jam.

Kondisi tersebut memicu tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY antara 3 hingga 3,5 meter. "Kami tetap menghimbau agar masyarakat mewaspadai potensi hujan sedang dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Sleman bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara serta potensi tinggi gelombang di perairan selatan DIY," katanya.