Pemkab Sleman Akan Merevitalisasi Pasar Gamping

Suasana bagian tengah pasar Gamping yang sering tergenang air saat hujan deras. Foto diambil Senin (14/1/2019)- Harian Jogja - Kiki Luqmanul Hakim
15 Januari 2019 07:57 WIB Kiki Luqmanul Hakim/ST16 Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN -- Pemkab Sleman berencana melakukan revitalisasi sejumlah pasar tradisional, salah satunya Pasar Gamping yang berlokasi di Jalan Wates, Ambarketawang, Gamping Sleman. Revitalisasi itu dilakukan agar fasilitas pasar lebih memadai.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Tradisional Disperindag Sleman Haris Martapa menjelaskan untuk melancarkan progam revitalisasi tersebut Disperindag membutuhkan beberapa proses diperkirakan memakan waktu yang cukup panjang. Proses pertama, kata dia, uji kelayakan dan perencanaan yang dilanjutkan dengan proses perizinan pokok menyangkut tentang tanah, analisa dampak lingkungan. Selain itu masih ada analisa berkaitan dengan lalu lintas dan juga perizinan yang menyangkut kelayakan bangunan.

“Setelah perizinan kita memasuki proses penganggaran yang dilakukan oleh Pemda, dalam penganggaran ini kita akan tau selama apa revitalisasi akan dilakukan, entah satu tahun atau dua tahun," terangnya kepada Harianjogja.com, Senin (14/1/2019).

Setelah itu dilanjutkan dengan proses kontruksi. Namun, kata dia, saat ini pasar Gamping sendiri baru berada di tahap pelayakan dan perencanaan, sehingga proses revitalisasi itu masih berada di tahap pertama.

Ia menambahkan terkait relokasi sementara para pedagang selama proses pembangunan, pihaknya belum menentukan konsep merelokasi baik waktu maupun tempat. Namun Haris menegaskan relokasi sementara itu akan dilakukan sebelum pelaksanaan pembangunan. Hal tersebut dipengaruhi oleh penentuan berapa lama pembangunan akan dilakukan yang nantinya berkaitan dengan anggaran. “Soalnya kami harus menentunkan penganggaran bahan bangunan yang ada di tempat relokasi, jika proses penganggaran sudah selesai maka kita baru bisa menentukan masalah relokasi,” tutup Haris Martapa.