Potorono Siap Jadi Desa Wisata

Suasana Embung Potorono yang akan dijadikan ikon destinasi kelurahan Potorno, Kamis (17/1/2019) - Harian Jogja - Kiki Luqmanul Hakim(ST16)
18 Januari 2019 07:17 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Potorono, Banguntapan, Bantul sedang mempersiapkan diri menjad desa wisata dengan sejumlah potensi, salah satunya Embung Potorono. Warga berharap status desa wisata itu segera diresmikan sehingga memberikan dampak perekonomian yang nyata kepada warga.

Pemilik Warung di Embung Potorono Zubadimah berharap besar jika wilayahnya telah resmi menjadi desa wisata, hal tersebut mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Syukur alhamdulillah [jika menjadi desa wisata], semoga prosesnya nggak terlalu lama, kalau udah resmi kan pemasukan saya jadi bertambah,” ucapnya ketika ditemui Harian Jogja Kamis (17/1/2019).

Ia mengaku setiap harinya berjualan di embung tersebut mampu mendapatkan untung dari berjualan minuman serta makanan sebesar Rp200.000 pada hari biasa dan pada Sabtu dan Minggu bisa meraup keuntungan sebesar Rp500.000 hingga Rp700.000.

Ketua Pokdarwis Bagian Embung Potorono Ali Qosim mengatakan untuk saat ini Potoronk masih berstatus rintisan desa wisata. Pihaknya sedang mengurus sejumlah persyaratan untuk diajukan ke pemerintah guna mendapatkan status desa wisata.

"Untuk saat ini kami dari pihak Pokdarwis sedang mengurus surat keterangan yang diajukan ke Dinas Pariwisata dan masih nunggu juga masalah surat izin telaga, lalu yang terakhir baru peresmian," ucapnya.

Pratawa selaku Lurah Potorono menegaskan sebelum peresmian desa wisata, pihaknya akan mengadakan sosialiasi ekonomi kreatif kepada warga sekitar. Tujuannya agar pertumbuhan ekonomi warga ikut berkembang dengan adanya desa wisata.

"Untuk sekarang cuma dua puluh warga yang tercatat membuka usaha disekitar embung Potorono. Tapi dekat-dekat ini pihak kami punya rencana sosialisasi ekonomi kreatif agar semakin banyak warga membuka usaha di daerah yang berpotensi menjadi destinasi wisata," katanya.