Advertisement

Setelah Kawasan Pedestrian Dipercantik, Giliran Sirip-Sirip Malioboro yang Ditata

Abdul Hamied Razak
Minggu, 20 Januari 2019 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Setelah Kawasan Pedestrian Dipercantik, Giliran Sirip-Sirip Malioboro yang Ditata Pelancong menikmati suasana kawasan pedestrian Malioboro, Yogyakarta yang lengang seperti terlihat pada Senin (29/05/2017). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Setelah kawasan pedestrian sisi barat Malioboro diresmikan akhir tahun lalu, lanjutan penataan akan difokuskan pada sirip-sirip Malioboro. Selain itu, drainase di kawasan tersebut juga akan dibenahi mulai tahun ini.

Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman ( PUPKP) Jogja Umi Akhsanti mengatakan penataan sirip-sirip jalan seperti di Pajeksan dan Suryatmajan sebagai bagian dari penataan kawasan Malioboro. Pemerintah akan memperbaiki trotoar dan juga saluran drainase di sepanjang sirip-sirip jalan tersebut. "Kami fokus membenahi saluran air hujan dan trotoar," katanya, Sabtu (19/1).

Advertisement

Menurut Umi, meski membenahi trotoar di sirip-sirip jalan namun hal itu bukan termasuk area pedestrian Malioboro. Pasalnya sirip-sirip jalan Malioboro hanya digunakan sebagai akses jalan dan bukan pusat kunjungan wisatawan. Lebar trotoar yang akan dibangun di sisi selatan Suryatmajan misalnya hanya 1,2 meter saja. Meski begitu, katanya, bahan atau material yang digunakan untuk membangun trotoar tidak berbeda dengan material yang digunakan di Malioboro.

"Jadi hanya trotoar saja, tidak ada street furniture seperti kursi yang ada di Malioboro. Untuk bahan material sama agar selaras dengan Malioboro" ujarnya.

Berbeda dengan Suryatmajan, penataan di sirip jalan Pajeksan hanya membenahi trotoar yang sudah ada. Lebar trotoar tidak ditambah hanya bahan yang digunakan juga menyelaraskan dengan kawasan pedestarian Malioboro. Proyek-proyek yang akan dilakukan tahun ini segera masuk dalam tahap pelelangan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPKP Jogja Aki Lukman mengatakan perbaikan drainase di Suryatmajan dan Jalan Pajeksan masing-masing sepanjang 200 meter dengan dana sekitar Rp3 miliar. Selain perbaikan drainase, trotoar di kedua jalan tersebut akan ditata. "Apalagi yang sisi Selatan jalan Suryatmajan itu pintu masuk kantor Gubernur DIY. Kalau trotoarnya berbeda dengan sisi utara kan tidak bagus dilihat. Makanya perlu dibenahi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement