Ratusan Calon KPKD Jalani Tes Tertulis

Ilustrasi penduduk miskin. - JIBI
28 Januari 2019 18:00 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seleksi tahapan pengisian formasi Kader Penanggulangan Kemiskinan Daerah (KPKD) di tujuh desa di Kulonprogo sampai pada tahap tes tertulis. Ratusan peserta mengikuti ujian tertulis di Aula Adikarta Gedung Kaca kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Senin (28/1/2019).

Sejatinya total peserta yang terdaftar untuk mengikuti ujian yang diadakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulonprogo sebanyak 308 orang. Namun, sebanyak 21 orang diketahui tidak hadir tanpa keterangan. Praktis dalam ujian ini hanya diikuti 287 peserta.

Kepala Bidang Perlindungan Sosial Dinsos PPPA Sunaryo mengatakan hasil tes ini nantinya dicari penghuni urutan 45 besar. Peserta yang memasuki rangking tersebut berhak mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu tes komputer.

“Dari ranking satu sampai 45 dengan catatan, ketika di ranking 45 ada nilai yang sama, akan diikutkan di seleksi kedua, diseleksi komputer,” paparnya, Senin. Setelah itu, mereka yang lolos tes komputer akan mengikuti tes wawancara guna mencari tujuh peserta terbaik untuk mengisi formasi KPKD di tujuh desa di Kulonprogo.

Selanjutnya mereka akan dikontrak selama setahun sebagai pegawai. “Rekrutmen ini dengan sistem kontrak selama satu tahun,” tutur Sunaryo. Hasil seleksi akan diumumkan pada 30 Januari untuk kemudian peserta yang dinyatakan lolos mulai bekerja pada 1 Februari 2019 dengan catatan jika tidak ada pengunduran jadwal.