Advertisement

Pemkab Kulonprogo Dapat Gratisan 1.200 Kotak Suara

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 30 Januari 2019 - 21:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pemkab Kulonprogo Dapat Gratisan 1.200 Kotak Suara Ilustrasi. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghibahkan sedikitnya 1.200 kotak suara ke Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Rencananya, hasil hibah kotak suara tersebut digunakan untuk penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kulonprogo Tri Mulatsih mengatakan hibah dilakukan berdasarkan Undang-Undang No.7/2017 tentang Pemilu yang menyebutkan kotak suara yang digunakan untuk Pemilu 2019 haruslah transparan.

Advertisement

Mengingat 1.200 kotak suara terbuat dari alumunium, maka dalam gelaran Pemilu kali ini tidak digunakan. “Karena itu, KPU menghibahkannya ke Pemkab agar bisa digunakan. Kotak suara yang dihibahkan digunakan sejak penyelenggaraan Pemilu 2004,” ungkapnya, Rabu (30/1/2019).

Untuk logistik lainnya seperti bilik suara tidak dihibahkan oleh KPU karena masih digunakan untuk gelaran Pemilu 2019 pada April mendatang. Total, ada 4.196 bilik suara yang tersimpang di gudang KPU Kulonprogo hasil dari gelaran Pemilu sebelum-sebelumnya.

Untuk memenuhi kebutuhan bilik suara sebanyak 5.032 unit di gelaran Pemilu tahun ini, KPU sudah mendapat distribusi bilik suara dari KPU Pusat sebanyak 839 unit. Untuk kebutuhan kotak suara berbahan dupleks tahun ini sebanyak 6.422 unit sudah terpenuhi.

Sekretaris Daerah Kulonprogo Astungkara mengatakan Pemkab akan menggunakan kotak suara hasil hibah dari KPU untuk penyelenggaraan Pilkades. Kotak suara dari KPU ini akan dimanfaatkan, salah satunya untuk Pilkades.

“Nantinya Pemkab tidak perlu lagi ada pengadaan kotak suara. Kotak suara hasil hibah akan dikelola Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement