Advertisement

Akhirnya, Dugaan Kasus Perkosaan Mahasiswa UGM Berujung Damai

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 04 Februari 2019 - 20:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Akhirnya, Dugaan Kasus Perkosaan Mahasiswa UGM Berujung Damai Rektor UGM, Panut Mulyono saat konferensi pers kasus Agni di ruang sidang pimpinan UGM, Senin (4/2/2019) - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dugaan kasus perkosaan antarmahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terjadi saat KKN di Maluku 2017 akhirnya berujung damai. Baik terduga pelaku, HS dari Fakultas Teknik maupun korban Agni (bukan nama sebenarnya) dari Fisipol, telah sepakat berdamai.

Rektor UGM, Panut Mulyono mengungkapkan telah ada kesepakatan penyelesaian antara HS, Agni dan UGM sendiri sebagai institusi tempat keduanya belajar.

Advertisement

“Pihak-pihak terkait dengan kesungguhan hati, ikhlas, lapang dada, dan telah saling bersepakat memilih penyelesaian internal UGM.  Saudara HS menyatakan menyesal mengaku bersalah dan memohon maaf atas perkara yang terjadi Juni 2017, kepada pihak saudari AN [Agni] disaksikan UGM begitu. Kemudian bahwa saudara HS, sudari AN dan UGM menyatakan perkara ini sudah selesai [damai],” ucap Panut saat konferensi pers, Senin (4/2/2019).

Dikatakan Panut dalam kesepakatan tersebut keduanya juga wajib mengikuti konseling dengan psikolog dari internal UGM maupun sesuai atau yang dipilih masing-masing pihak. Sampai dinyatakan selesai oleh psikolog yang menangani.

Panut mengatakan HS harus mengikuti mandatory konseling, sementara korban juga harus mengikuti trauma konseling. Diungkapkan Panut keseluruhan biaya akan ditanggung oleh UGM, termasuk biaya perkulihan korban.

Panut juga meminta kepada Fakultas Teknik dan Fisipol untuk mendampingi keduanya hingga menyelesaikan pendidikan Mei 2019 mendatang dan mengawal hal-hal yang telah disepakati.

Panut menegaskan dalam jalan damai ini tidak ada paksaan dari pihak universitas atau pihak manapun. Keduanya telah tanda tangan di atas kertas bermaterai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement