Advertisement

Jembatan Kalijogo Mulai Dievakuasi

Yogi Anugrah
Selasa, 19 Februari 2019 - 14:17 WIB
Sunartono
Jembatan Kalijogo Mulai Dievakuasi Anggota TNI membersihkan sampah yang tersangkut di jembatan Kalijogo, Dusun Karang Wetan, Tegaltirto, Berbah, Sleman, Kamis (31/1/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman mulai melakukan evakuasi Jembatan Kalijogo di Dusun Karangwetan, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah yang rusak berat akibat hujan deras pada Rabu (30/1/2019) lalu.

Kabid Bina Marga DPUPKP Sleman, Akhmad Subhan mengatakan pihaknya menurunkan sekitar 20 personil dan satu alat berat untuk melakukan pembongkaran dengan cara bagian jembatan dipotong-potong menjadi bagian kecil menggunakan alat las.

Advertisement

"Pembongkaran dilakukan tidak hanya sekedar mencopot-copot karena itu jembatan membentang di sungai yang cukup lebar. Ini ditarget beberapa hari selesai, tergantung cuaca," kata Subhan pada Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam proses rekonstruksi nantinya, pihaknya akan memperhatikan struktur dan kondisi lapangan, sehingga saat cuaca ekstrim, tidak terjadi hal serupa.

"Yang jelas kami berharap bisa dikerjakan di musim-musim yang tidak terlalu banyak hujan , mungkin di triwulan kedua atau ketiga. Perhitungannya juga sinergis dengan proyek-proyek reguler. Tahun ini rencananya kami akan coba segerakan pembangunan karena masyarakat sangat membutuhkan," tambah dia.

Selo Sumarjan, 42, salah seorang warga Dusun Karangwetan, Desa Tegaltirto mengatakan, sebelum adanya jembatan tersebut, warga menggunakan jembatan darurat yang terbuat dari bambu untukĀ  mempermudah transportasi, karena jika tidak ada, warga harus memutar hingga 10 kilometer untuk ke RT seberang sungai.

"Kemarin kan Bapak Bupati juga sudah kesini, jadi semoga tahun ini bisa direalisasikan pembangunan jembatan karena sangat dibutuhkan masyarakat," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, Hujan deras dan angin kencang yang melanda Sleman pada Rabu (30/1/2019) mengakibatkan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan dua RT di Dusun Karangwetan, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah rusak berat.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Tegaltirto Heri Muliantoro mengungkapkan, Jembatan gantung Kalijogo sepanjang 60 meter dengan lebar 1,5 meter itu baru diresmikan pada 18 Januari 2019 dan merupakan jembatan yang dibangun dengan dana CSR Telkom dan bekerja sama dengan Kodam VI/Diponegoro.

"Jadi, awalnya, pada sore harinya, air sungai meluap sekitar pukul 16.00 WIB, sampai malam juga air sungai sudah setinggi 5-6 meter dan jembatan sudah tidak kelihatan, lalu, pada pagi harinya tali seling jembatan sudah putus dan bagian tengah jembatan sudah dipenuhi sampah," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement