Maksimalkan Edukasi soal Ibu Menyusui, AIMI Bantul Gandeng NGO Ini

Suasana audiensi AIMI Bantul bersama Mitra Wacana, belum lama ini. - Istimewa/AIMI Bantul
01 Maret 2019 16:20 WIB Arief Junianto Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Bantul menggandeng nongovernment organization (NGO) Mitra Wacana guna kian memasifkan edukasi terhadap publik terkait pentingnya menyusui dan pemenuhan hak-hak ibu menyusui.

Direktur Mitra Wacana, Imelda mengatakan fokus sasaran program Mitra Wacana memang lebih banyak mengarah pada isu-isu trafficking, kekerasan pada perempuan dan anak serta pemenuhan hak-hak kesehatan bagi perempuan dalam bentuk edukasi dan kampanye. Kesamaan visi itulah, kata dia yang bikin AIMI Bantul merasa perlu untuk bekerja sama.

Tujuannya adalah bersama-sama mengedukasi kepada masyarakat agar lebih aware terhadap aktivitas menyusui, pentingnya ASI [air susu ibu] eksklusif, serta pemenuhan hak-hak ibu menyusui,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (27/2/2019).

Staf program Mitra Wacana, Astri mengatakan tantangan yang dihadapi ibu menyusui terkadang justru bersumber dari internal dengan minimnya pengetahuan dan kepercayaan terhadap terhadap mitos-mitos menyusui. “Gayung bersambut, AIMI Bantul dan Mitra Wacana mempunyai kesamaan fokus sasaran yaitu pada perempuan sehingga program kerja sama dapat terbangun dengan baik dan jangka panjang,” ucap dia.

Dia mengatakan dalam Pekan ASI Sedunia, Mitra Wacana bakal melibatkan AIMI Bantul dalam program gelar wicara reguler dengan kelompok sasar para lansia. “Pada 17 Maret mendatang, kami juga akan membuka Kelas Edukasi Menyusui. Salah satu topik yang diangkat adalah peran laki-laki dalam pengasuhan anak yang setara gender,” ucap dia.