Angin Kencang, Pohon Tumbang dan Atap Beterbangan

Ilustrasi angin kencang. - JIBI
06 Maret 2019 03:57 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Hujan disertai angin kencang kembali menerjang kawasan Sleman pada Selasa (5/3/2019). Kali ini Dusun Totogan, Madurejo, Prambanan terdampak hal tersebut dengan pohon tumbang dan genteng beterbangan.

Kepala Desa Madurejo Sukarja menjelaskan kejadian angin kencang itu berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, kata dia, langit cerah dan tiba-tiba Dusun Totogan diterpa angin kencang. 

"Kejadiannya tidak lama sekitar 5-10 menit, angin kencang disusul gerimis, dan langit terlihat mendung tebal," kata Sukarja, Selasa.

Adanya angin itu, kata dia, lantas membuat banyak pohon tumbang. Selain itu, juga membuat genteng beterbangan. "Beruntungnya pohon yang tumbang bukan pohon berukuran besar," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kejadian angin kencang itu tidak sampai memakan korban jiwa. Pihaknya juga masih berupaya melakukan perbaikan-perbaikan. 

"Memang ada kerusakan, tapi saya kira tidak parah, warga juga tidak ada yang mengungsi hanya saja tadi keluar menyelamatkan diri," jelasnya. 

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan menjelaskan selama musim hujan, seluruh wilayah Sleman rawan bencana. 

"Sleman rawan bencana hidrometeorologi, termasuk angin kencang atau puting beliung, kami  minta masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi," kata Makwan.

Dari data BPBD Sleman, sepanjang Februari 2019 telah terjadi berbagai macam bencana. Seperti angin kencang yang terjadi di 264 titik, longsor 5 titik, petir lima titik dan banjir di 15 titik. "Presentase bencana terbesar selama Februari ada di Kecamatan Turi," jelasnya.