Advertisement

Angin Kencang, Pohon Tumbang dan Atap Beterbangan

Yogi Anugrah
Rabu, 06 Maret 2019 - 03:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Angin Kencang, Pohon Tumbang dan Atap Beterbangan Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Hujan disertai angin kencang kembali menerjang kawasan Sleman pada Selasa (5/3/2019). Kali ini Dusun Totogan, Madurejo, Prambanan terdampak hal tersebut dengan pohon tumbang dan genteng beterbangan.

Kepala Desa Madurejo Sukarja menjelaskan kejadian angin kencang itu berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, kata dia, langit cerah dan tiba-tiba Dusun Totogan diterpa angin kencang. 

"Kejadiannya tidak lama sekitar 5-10 menit, angin kencang disusul gerimis, dan langit terlihat mendung tebal," kata Sukarja, Selasa.

Adanya angin itu, kata dia, lantas membuat banyak pohon tumbang. Selain itu, juga membuat genteng beterbangan. "Beruntungnya pohon yang tumbang bukan pohon berukuran besar," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kejadian angin kencang itu tidak sampai memakan korban jiwa. Pihaknya juga masih berupaya melakukan perbaikan-perbaikan. 

"Memang ada kerusakan, tapi saya kira tidak parah, warga juga tidak ada yang mengungsi hanya saja tadi keluar menyelamatkan diri," jelasnya. 

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan menjelaskan selama musim hujan, seluruh wilayah Sleman rawan bencana. 

"Sleman rawan bencana hidrometeorologi, termasuk angin kencang atau puting beliung, kami  minta masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi," kata Makwan.

Dari data BPBD Sleman, sepanjang Februari 2019 telah terjadi berbagai macam bencana. Seperti angin kencang yang terjadi di 264 titik, longsor 5 titik, petir lima titik dan banjir di 15 titik. "Presentase bencana terbesar selama Februari ada di Kecamatan Turi," jelasnya. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement