Hujan Terus Mengguyur, Warga Sekitar Oya Tak Bisa Tidur

Banjir di SMPN 1 Purwosari, Gunungkidul, Minggu (17/3/2019). - Ist/BPBD.
17 Maret 2019 23:37 WIB Sunartono & David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hujan terus mengguyur hingga Minggu (17/3/2019) malam membuat warga yang tinggal di sekitar Sungai Oya semakin khawatir. Apalagi sejumlah sungai di Bantul serta sejumlah titik di Gunungkidul banyak yang meluap. Beberapa warga yang tinggal di sekitar Sungai Oya pun tidak bisa tidur nyenyak.

Warga Jeruklegi, Katongan, Nglipar, Gunungkidul Ari Sudarsono berharap hujan yang mengguyur wilayah DIY ini segera reda. Ia merasa waswas dengan hujan terus mengguyur, meski rumahnya berjarak sekitar 300 meter dari bibir Sungai Oya.

Bahkan ia tak bisa tidur nyenyak karena ada kekhawatiran jika debi air Sungai Oya terus bertambah. Kekhawatiran itu bukan tanpa dasar, mengingat pada 2017 silam Oya pernah meluap karena hujan terus mengguyur. “Semoga hujan segera reda dan semua dalam kondisi aman, ini masih memantau, tadi kondisinya lumayan gelap,” katanya, Minggu (17/3/2019) malam.

Ari mengatakan, dalam pengamatannya air Sungai Oya sebenarnya debitnya terlihat normal. Akantetapi adanya kekhawatiran karena hujan terus mengguyur yang berpotensi membuat debit air bertambah.

“Air memang masih dalam batas normal, tetapi kalau [hujan terus] begini ya kemungkinan air bisa sampai ke sawah-sawah, semoga cepat reda,” ujarnya.