Asyik, Bulan Depan, Trotoar Jalan Sudirman Bakal Dirombak

Pejalan kaki berjalan di sepanjang trotoar Jalan Sudirman, Jogja, belum lama ini. - Harian Jogja/Desi Suryanto
19 Maret 2019 13:52 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana merevitalisasi pedestrian Jalan Sudirman, sekitar April 2019. Pengerjaan di jalan sepanjang sekitar 1,2 kilometer itu dimulai dari simpang empat museum Dharma Wiratama (Gramedia Kotabaru) hingga simpang tiga Jembatan Gondolayu.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetarung) Kota Jogja, Hari Setya Wacana menjelaskan dana revitalisasi berasal dari Dana Keistimewaan sebesar Rp15 miliar. Nantinya, kata dia, trotoar di kawasan tersebut akan diperlebar jadi 4,8 meter dengan menggunakan bahan teraso. Di kawasan itu juga akan ditempatkan bangku taman. Meski ditata, pohon-pohon yang ada di sekitar kawasan tidak ditebang.

"Di sana juga ada guiding block. Pengembangan kawasan pedestrian tetap memperhatikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas," kata dia, Senin (18/3/2019).

Hari menambahkan secara keseluruhan Pemkot akan terus menambah kawasan pedestrian di Kota Jogja. Kawasan berikutnya yang akan direvitalisasi menjadi pedestrian adalah Prawirotaman. Hal itu dilakukan, mengingat kawasan itu banyak dikunjungi wisawatan.

"Banyak ditemui wisatawan yang berjalan kaki menikmati suasana Kota Jogja, tapi fasilitas bagi mereka masih minim, misalnya saja trotoar yang kurang memadai," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Agus Tri Haryono menjelaskan saat ini tahapan pengadaan sejumlah kebutuhan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Sudirman sudah memasuki masa review.