Advertisement

Asyik, Bulan Depan, Trotoar Jalan Sudirman Bakal Dirombak

Uli Febriarni
Selasa, 19 Maret 2019 - 13:52 WIB
Arief Junianto
Asyik, Bulan Depan, Trotoar Jalan Sudirman Bakal Dirombak Pejalan kaki berjalan di sepanjang trotoar Jalan Sudirman, Jogja, belum lama ini. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja berencana merevitalisasi pedestrian Jalan Sudirman, sekitar April 2019. Pengerjaan di jalan sepanjang sekitar 1,2 kilometer itu dimulai dari simpang empat museum Dharma Wiratama (Gramedia Kotabaru) hingga simpang tiga Jembatan Gondolayu.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetarung) Kota Jogja, Hari Setya Wacana menjelaskan dana revitalisasi berasal dari Dana Keistimewaan sebesar Rp15 miliar. Nantinya, kata dia, trotoar di kawasan tersebut akan diperlebar jadi 4,8 meter dengan menggunakan bahan teraso. Di kawasan itu juga akan ditempatkan bangku taman. Meski ditata, pohon-pohon yang ada di sekitar kawasan tidak ditebang.

Advertisement

"Di sana juga ada guiding block. Pengembangan kawasan pedestrian tetap memperhatikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi penyandang disabilitas," kata dia, Senin (18/3/2019).

Hari menambahkan secara keseluruhan Pemkot akan terus menambah kawasan pedestrian di Kota Jogja. Kawasan berikutnya yang akan direvitalisasi menjadi pedestrian adalah Prawirotaman. Hal itu dilakukan, mengingat kawasan itu banyak dikunjungi wisawatan.

"Banyak ditemui wisatawan yang berjalan kaki menikmati suasana Kota Jogja, tapi fasilitas bagi mereka masih minim, misalnya saja trotoar yang kurang memadai," kata dia.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Agus Tri Haryono menjelaskan saat ini tahapan pengadaan sejumlah kebutuhan fisik revitalisasi pedestrian Jalan Sudirman sudah memasuki masa review.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement