Libatkan 350 Siswa, SDIT LHI Yogyakarta Gelar Drama Kolosal Sang Juara

Panitia drama kolosal Sang Juara dari SDIT LHI Yogyakarta mengunjungi kantor Harian Jogja, Selasa (19/3/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
19 Maret 2019 16:17 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--SDIT LHI Yogyakarta akan menggelar pentas drama kolosan bertema Sang Juara pada Minggu (24/3/2019) mendatang. Pementasan ini akan melibatkan 350 siswa dari kelas I-V. 

Drama kolosal ini merupakan kegiatan LHI Student Ezpo (LSE) yang diselenggarakan rutin setiap akhir semester. Hanya saja pementasan kali ini mengambil tempat di luar sekolah yaitu di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). 

"Jadi setiap akhir pembelajaran tematik, ada penampilan hasil karya siswa. Yang berbeda, kali ini bertepatan dengan satu dasawarsa LHI," kata Sekretaris Panitia Drama Kolosal, Hidayatul Imtihani saat mengunjungi kantor Harian Jogja, Selasa (19/3/2019). 

Imti menjelaskan pemilihan tema Sang Juara disesuaikan dengan konsep kurikulum sekolah, di mana anak adalah unik. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan masing-masing sehingga ditampilkan dalam sebuah pertunjukan drama . Sementara cerita yang diangkat, diambil dari kisah Pandawa Lima yang mencari ilmu.

"Nanti ada pemeran inti dan pemeran tambahan. Pemeran inti kebanyakan dari kelas empat dan lima. Kalau pemeran tambahan seperti kelas satu, mereka ada yang jadi hewan dan pohon," kata Imti. 

Selain drama kolosal, SDIT LHI juga menampilkan pameran hasil karya siswa seperti poster, maket, dan kerajinan tangan lainnya. 

Imti mengatakan, sekolah mengembangkan tujuh literasi. Dua di antaranya literasi budaya dan interpersonal. Melalui kegiatan drama kolosal itu, siswa bisa belajar budaya dan melatih jiwa untuk berekspresi. 

Sementara itu, Ketua Panitia Drama Kolosal Satonah menyampaikan bahwa para siswa sudah berlatih sejak Februari. Mereka dibantu oleh komunitas Pandai Ruang dalam pembuatan naskah dan latihan drama kolosalnya. 

"Latihan untuk pemain inti paling hanya Jumat dan Sabtu," katanya. 

Sampai saat ini, hampir 850 tiket sudah dipesan oleh siswa, walisiswa, dan keluarganya. Drama kolosal akan dimulai pada pukul 9.30 WIB dan diawali dengan pameran di pada pukul 8.00 WIB. 

Saat ini, SDIT LHI memiliki 398 siswa. Pada Oktober 2018 lalu, sekolah ini baru saja meraih prestasi sebagai juara III Lomba Budaya Mutu Nasional kategori pembalajaran.