Advertisement

Proyek NYIA Terdampak Banjir, Pengaspalan Landasan Dihentikan Sementara

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 19 Maret 2019 - 10:47 WIB
Sunartono
Proyek NYIA Terdampak Banjir, Pengaspalan Landasan Dihentikan Sementara Ilustrasi pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. - Ist/ Dok AP I

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon turut terdampak banjir usai hujan deras mengguyur wilayah Kulonprogo sejak Sabtu (16/3/2019) pagi hingga Senin (18/3/2019) dinihari. Akibatnya, proses pengerjaan bandara yang pada April mendatang mulai dioperasikan itu sempat terhenti.

Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi mengatakan genangan air muncul lantaran dua hal. Pertama sistem drainase belum selesai dibangun. Saat ini masih tahap pengerjaan dan belum semuanya terhubung. Kedua pihaknya telah membuat sodetan di kawasan yang berbatasan langsung dengan rumah warga.

Advertisement

"Sodetan itu berfungsi sebagai proteksi agar limpasan air dari dalam area proyek tidak keluar mengarah ke permukiman warga sekitar. Tapi dampaknya beberapa area di dalam lokasi proyek menjadi tergenang," kata Taochid saat dikonfirmasi, Senin (18/3/2019) sore.

Peristiwa ini diakui Taochid sempat mengganggu proses pembangunan NYIA. Bahkan salah satu tahap yang harus dihentikan sementara waktu yakni pekerjaan pengaspalan landasan pacu. Namun demikian alasan dihentikannya area yang diaspal itu bukan karena tergenang air, melainkan sesuai SOP tidak boleh dilakukan pada saat hujan ataupun basah. Proses pengaspalan akan kembali dilanjutkan setelah cuaca mulai membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kereta Cepat Whoosh Telah Melayani 718 Ribu Penumpang

News
| Minggu, 10 Desember 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Cari Tempat Seru untuk Berkemah? Ini Rekomendasi Spot Camping di Gunungkidul

Wisata
| Rabu, 06 Desember 2023, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement