Advertisement

Tanggul Sungai Serang Kulonprogo Jebol, Ini Kata BBWSO…

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 19 Maret 2019 - 09:17 WIB
Sunartono
Tanggul Sungai Serang Kulonprogo Jebol, Ini Kata BBWSO… Seorang warga menonton jebolnya tanggul Sungai Serang di Dusun Bendungan Kidul, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, Kulonprogo, Senin (18/3/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) bersama warga sekitar dan anggota TNI mulai memperbaiki tanggul Sungai Serang yang jebol di Dusun Bendungan Kidul, Desa Bendungan, Kecamatan Wates, Senin (18/3/2019). Penyegeraan perbaikan dilakukan supaya tidak mengancam ratusan warga yang bermukim di sekitar lokasi.

Konsultan pengawas proyek revitalisasi  Sungai Serang BBWSSO, Muhammad Fatkhul Mujib, memaparkan tanggul yang jebol ditutup dengan karung berisi pasir, setelah itu dilapisi terpal. Agar kuat menahan aliran sungai, patok kayu atau tiang pancang ditancapkan di sela-sela karung.

Advertisement

"Ini merupakan langkah awal perbaikan dan untuk jangka pendek saja, nanti masih kami pikirkan cara berikutnya, tapi kami jamin tidak sampai sepekan, selanjutnya kami upayakan membuat tanggul baru yang lebih kuat," kata Mujib kepada awak media di lokasi jebolnya tanggul, Senin (18/3/2019).

Mujib mengatakan berdasarkan hasil pengukuran BBWSSO, tanggul yang jebol di Dusun Bendungan Kidul memiliki panjang mencapai 30 meter dengan ketebalan lebih dari 1,5 meter. Sedangkan ketinggian tanggul hingga lima meter. Adapun penyebab jebolnya tanggul masih diinvestigasi.

"Kami belum bisa memastikan ini jebol karena apa, tapi ada kemungkinan karena debit air Sungai Serang sedang tinggi sementara kondisi tanah di lokasi bukan tanah yang mengikat," kata Mujib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement