Advertisement

LKPJ Bupati Ditargetkan Selesai Dibahas Sebelum Pemilu

David Kurniawan
Rabu, 27 Maret 2019 - 23:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
LKPJ Bupati Ditargetkan Selesai Dibahas Sebelum Pemilu Ilustrasi Raperda. - ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul menargetkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2018 selesai dibahas di pertengahan April 2019. Rencananya pembahasan dimulai pada Jumat (29/3), dengan ditandai Rapat Paripurna Pengantar LKPJ dari Bupati Gunungkidul.

Anggota DPRD Gunungkidul, Ery Agustin Sudiyanti, mengatakan jajarannya berkomitmen menyelesaikan LKPJ 2018 lebih awal. Dari sisi penyerahan draf, masing-masing anggota telah mendapatkan sehingga tidak ada alasan untuk menunda pembahasan. “Kami tetap fokus dan harapannya sebelum pemilu semua sudah selesai. Terlebih lagi, Sekretariat Dewan sudah mengagendakan paripurna pengantar LKPJ pada Jumat besok,” kata Ery kepada wartawan, Rabu (27/3/2019).

Advertisement

Menurut dia, dengan tambahan satu raperda ini maka ada empat rancangan peraturan yang dibahas secara bersamaan. Ery menuturkan hal tersebut bukan masalah Karena anggota Dewan tetap bisa membahasnya. “Lebih cepat lebih baik sehingga harapannya di pertengahan April sudah selesai dibahas,” katanya.

Dikatakan Ery, pembahasan LKPJ lebih awal berdampak terhadap rencana pembahasan APBD Perubahan 2019. Pasalnya, perubahan itu tak bisa dibahas apabila pertanggungjawaban APBD di tahun lalu belum selesai dibahas. “Maka semakin cepat LKPJ diselesaikan, pembahasan APBD Perubahan juga semakin cepat. Kami tidak ingin kejadian di tahun lalu terulang karena pembahasan molor maka draf APBD Perubahan yang telah disepakati bersama ditolak oleh Gubernur DIY,” katanya.

Disinggung mengenai target penyelesaian sebelum pemilu, Ery mengaku tidak ada muatan politis di dalamnya. Menurut dia pembahasan raperda adalah murni pelaksanaan tugas anggota Dewan. “Malah bagus dibahas di tengah-tengah kampanye, anggota Dewan tetap fokus membahas raperda. Saya juga heran setiap kerja lambat dikritik, tapi kalau cepat-cepat dikira ada sesuatu yang diinginkan,” katanya.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Saptoyo, membenarkan Pemkab bersama-sama dengan Dewan segera membahas LKPJ Bupati 2018. Untuk draf raperda sudah diserahkan ke Sekretariat DPRD Gunungkidul. “Rencananya Jumat digelar paripurna pembahasan awal LKPJ,” katanya.

Saptoyo berharap pembahasan LKPJ berjalan lancar dan dapat selesai secepatnya. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik dan tidak ada masalah saat pembahasan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement