Advertisement

Demi Ketenangan, Ahli Waris yang Nisan Makamnya Dirusak Berharap Pelaku Segera Ditemukan

Yogi Anugrah
Selasa, 09 April 2019 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Demi Ketenangan, Ahli Waris yang Nisan Makamnya Dirusak Berharap Pelaku Segera Ditemukan Nisan yang dicabut dari pusaranya di makam Bethesda Mrican, Sabtu (6/4/2019) sore. - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Keluarga ahli waris yang nisannya dirusak di Makam Bethesda berharap kepolisian lekas menemukan pelaku.

“Harapannya bisa ketemu pelaku sebenarnya dan diketahui motifnya apa, supaya tidak meresahkan masyarakat,” kata salah Dewi Soerna Anggraeni satu ahli waris kepada Harian Jogja, Senin (3/4/3019).

Advertisement

Dewi Reni adalah ahli waris mendiang Julia Sumarni Suryadiman yang nisannya dirusak. Ia mengatakan setelah mengetahui perusakan nisan, keluarga langsung datang ke Makam Bethesda untuk memastikan nisan milik ibunya. Namun saat dicari nisan tersebut tidak ditemukan.

“Makam ibu saya, pakde, dan bude berada di sisi sebelah selatan bagian barat, saat dicari, nisan ketiganya tidak ketemu, mungkin termasuk yang dibakar. Ini yang pertama kali kejadian di nisan ibu saya, Padahal pada Kamis [4/4/2019] saat salah satu kerabat berziarah, nisan masih ada,” ucap dia.

Terkait dengan adanya kemungkinan pelaku perusakan yakni orang yang diduga tidak waras yang sering tidur di sekitar makam, ia masih menyangsikan hal tersebut.

“Kalau orang tidak waras mungkin saya ragu, bisa punya pemikiran yang runut, membakar nisan karena merasa kedinginan, dan mempunyai korek. Namun kalau gelandangan, mungkin masih logis dan rasional,” ucap dia.

Saat ini, kata dia, keluarga sudah membuat nisan yang baru untuk menggantikan nisan yang hilang tersebut. “Yang penting pelakunya bisa ditemukan, kalau untuk hukuman kepolisian lebih mengerti, sehingga, [agar] peristiwa ini tidak simpang siur dan meresahkan masyarakat,” ucap dia.

Kasatreskrim Polres Sleman AKP Anggaito Hadi Prabowo mengatakan hingga kemarin, polisi masih menyelidiki peristiwa perusakan nisan tersebut. “Petugas masih melakukan penyelidikan di lapangan,” kata Anggaito, Senin.

Rencananya pada Rabu (10/4/2019) besok akan dilaksanakan kerja bakti untuk membersihkan Makam Bethesda secara bersama-sama. Berbagai unsur masyarakat antara lain, polisi, TNI, Linmas, Forum Kerukunan Umat Beragama,  ahli waris, dan kelompok masyarakat lainnya akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Acara tersebut sengaja digelar sebagai bentuk solidaritas masyarakat Jogja terkait dengan adanya perusakan nisa di Makam Bethesda itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement